Home Berita Terkini Pelatihan Crafting Gaharu, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Pelatihan Crafting Gaharu, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

192
0
SHARE
Pelatihan Crafting Gaharu, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Koba – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ahmad Syarifullah Nizam, S.E., M.AP, menghadiri acara pelatihan Crafting Gaharu se-Bangka Tengah yang digelar di Gedung Serba Guna Desa Kurau Timur, Kamis (25/11/2021).

Pemkab Bangka Tengah melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta untuk melakukan pengembangan sumber benih dengan pemetaan area penanaman gaharu di Bangka Tengah.

Syarifullah Nizam di kesempatan ini mengatakan, dengan perbanyakan klon tanaman gaharu diharapkan dapat ditanam langsung di area kebun masyarakat Bangka Tengah.

“Semoga dengan adanya acara pelatihan Crafting Gaharu di Kabupaten Bangka Tengah dapat meningkatkan nilai dan potensi hasil hutan non-kayu di Kabupaten Bangka Tengah. Hal ini berdampak positif bagi masyarakat karena dapat meningkatkan pendapatan ekonomi melalui perdagangan gaharu dan membantu mewujudkan hutan yang lestari,” jelasnya.

Kepada para peserta Syraifullah Nizam juga berharap dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan apa yang disampaikan oleh narasumber dapat diserap dan diterapkan.

“Segera diterapkan dalam budidaya gaharu sehingga dapat bermanfaat dan bisa membantu ekonomi keluarga masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Bapelitbangda Kabupaten Bateng, Dr. Dian Akbarini, S.Si., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada Kelompok Tani di Bateng.

“Melalui pelatihan ini kami berharap para Kelompok Tani Bateng menjadi lebih produktif dalam mengembangkan gaharu. Pasalnya, olahan gaharu sampai saat ini memiliki pangsa pasar yang luas hingga ke berbagai negara,” ujarnya.

"Pemerintah sangat mendukung, bersama-sama kita bangun Bangka Tengah melalui manfaat gaharu. Perlu diketahui, selain timah, olahan Gaharu juga berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya para petani gaharu," tutupnya.

Peserta kegiatan ini sejumlah 100 orang yang berasal dari kecamatan-kecamatan se-Bangka Tengah. Peserta diajarkan untuk mengolah gaharu menjadi produk layak jual, baik berbentuk cendera mata maupun kerajinan lain yang bernilai tinggi. *(AGG/APJ/Foto:IAN)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah