Home Berita Terkini Pelatihan Manajemen Masjid, Algafry: Jadikan Masjid sebagai Tempat yang Sejuk dan Nyaman

Pelatihan Manajemen Masjid, Algafry: Jadikan Masjid sebagai Tempat yang Sejuk dan Nyaman

91
0
SHARE
Pelatihan Manajemen Masjid, Algafry: Jadikan Masjid sebagai Tempat yang Sejuk dan Nyaman

Pangkalan Baru – Hal tersebut disampaikan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., saat hadiri Pelatihan Manajemen Masjid se-Kabupaten Bangka Tengah dengan mengusung tema Realisasi Kemitraan untuk Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Asrama Haji Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, (30/11/2021).

Dalam pelatihan yang dihadiri oleh penghulu/pemuka agama dan pengurus masjid se-Kabupaten Bangka Tengah ini, Algafry menyampaikan bahwa pengurus masjid merupakan pemuka/tokoh masyarakat yang diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai dalam hal keagamaan, maupun ilmu-ilmu lainnya, terlebih wawasan di bidang tata kelola manajemen masjid.

“Seorang pengurus masjid adalah pemimpin bagi jamaahnya dengan penuh kesabaran, kejujuran dan tanggungjawab yang juga sebagai penghubung dalam hal keagamaan dengan pemerintah daerah, membina kerukunan umat beragama, membina lembaga dan majelis serta mengadakan penyuluhan dalam rangka peningkatan mental spiritual masyarakat,” ucap Algafry.

Bupati juga menambahkan dalam rangka menunjang keberhasilan pembangunan, para pengurus masjid diharapkan dan dibutuhkan dapat berperan menjadi penyambung lidah pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kepada masyarakat.

Lebih lanjut, melalui Pelatihan Manajemen Masjid se-Kabupaten ini, hal-hal positif serta ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan kepada masjid yang ada di Kabupaten Bangka Tengah sehingga menjadikan masjid sebagai tempat yang sejuk dan nyaman bagi masyarakat.

“Jadikan masjid sebagai tempat yang sejuk, nyaman, serta masyarakat senang untuk beribadah, tidak hanya untuk sholat 5 waktu, tetapi masjid juga diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” pesan Algafry.

Pelatihan Manajemen Masjid se-Kabupaten Bangka Tengah ini dihadiri oleh Ketua DPW Dewan Masjid Indonesia Provinsi Kepulauan Babel, Ketua DPD Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Bangka Tengah, Plt. Kabag Kesra Setdakab Bangka Tengah, Pimpinan Organisasi Keislaman di Kabupaten Bangka Tengah, dan para pengawas/koordinator penghulu/pemuka agama Kabupaten Bangka Tengah.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini yakni H.M. Jasir selaku DIrektur Masjid Jogokaryan Jogjakarta dan H. AF. Susanto selaku Direktur Eksekutif Yayasan Insan Berta’awun Indonesia. *(PYJ/APJ/Foto:PYJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah