Home Berita Terkini Pelatihan Pengembangan SDM Pengawas Koperasi se-Bangka Tengah

Pelatihan Pengembangan SDM Pengawas Koperasi se-Bangka Tengah

61
0
SHARE
Pelatihan Pengembangan SDM Pengawas Koperasi se-Bangka Tengah

Pangkalan Baru - Bertempat di Hotel Grand Vella Pangkalan Baru, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Bangka Tengah gelar Pelatihan Pengembangan SDM bagi Pengawas Koperasi Tahun Anggaran 2021, Senin (08/03/2021).

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, ST., mewakili Bupati Bangka Tengah, mengikutsertakan 25 orang pengawas atau pegawai koperasi se-Bangka Tengah.

Dalam sambutan, Herry Erfian menyampaikan pesan Bupati agar para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya.

"Kepada seluruh peserta pelatihan ini kami mengharapkan dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini. Tidak hanya sekadar menambah pengetahuan dan wawasan akan tetapi dapat mengaplikasikan di dalam pengelolaan koperasi di daerah Bapak/Ibu sekalian," ucapnya.

Pada kesempatan itu, diingatkan kembali bahwa prinsip koperasi tercantum dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 1992 yaitu keanggotaannya bersifat sukarela dan terbuka. Hal ini menyebabkan pengelolaan dilakukan secara demokratis.

"Apabila dijalankan dengan konsisten, prinsip-prinsip tersebut, kami yakin dapat mendorong kinerja koperasi baik dalam pelayanan terhadap anggota maupun kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Disperindagkop-UKM Bangka Tengah, Azwar, menjelaskan dasar kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 03 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri  Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 01 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.

"Tujuan dan maksud kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dan motivasi kepada para pengawas koperasi," ujarnya.

Pendanaan kegiatan berasal dari DAK Non Fisik Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun Anggaran 2021, dengan jadwal kegiatan mulai hari ini, Senin (08/03/2021) sampai Rabu (10/03/2021), di mana peserta mendapatkan fasilitas penginapan, makan dan kudapan serta uang harian.

Narasumber kegiatan ini adalah Widyaiswara Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Kepala Dinas Perindagkop-UKM Bangka Tengah atau yang mewakili, serta Kabid Koperasi-UKM Perindagkop-UKM Bangka Tengah.*(APJ/WEE/Foto:APJ/Disperindagkop-UKM Bateng).

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah