Home Berita Terkini Pelayanan Terpadu di Kecamatan Sungai Selan, Ibnu Saleh : Pemerintah Harus Dekat dengan Masyarakat

Pelayanan Terpadu di Kecamatan Sungai Selan, Ibnu Saleh : Pemerintah Harus Dekat dengan Masyarakat

424
0
SHARE
Pelayanan Terpadu di Kecamatan Sungai Selan, Ibnu Saleh : Pemerintah Harus Dekat dengan Masyarakat

Sungaiselan -  Mengawali kegiatan Pelayanan Terpadu pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melaksanakan kegiatan pelayanan di Kecamatan Sungai Selan, Jumat (24/01/2020) pagi.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., seraya melakukan peresmian dermaga/tambat labuh di Pelabuhan Sungaiselan dan dermaga di Dusun Pangkal Raya dengan menandatangi prasasti dan potong pita, restocking perairan, penaburan benih ikan, pembagian kartu asuransi nelayan dan kartu asuransi pembudidaya ikan, pemberian bantuan sosial serta diskusi forum usulan masyarakat.

Dalam sambutannya, Ibnu Saleh menghimbau masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarga dengan mencari kegiatan tambahan.

"Banyak usaha yang bisa dibuat di sini karena ini daerah perikanan dan perkebunan, tinggal dimanfaatkan. Karena, pelaut memiliki masa atau musim di mana pelaut terpaksa tidak bisa melaut. Nah, kekosongan sekian waktu ini bisa diisi dengan alternatif sumber pendapatan lain," ujarnya.

Selain itu orang nomor satu di Bangka Tengah tersebut juga menekankan kepada dinas terkait untuk selalu dekat dengan masyarakat ketika masyarakat ingin membuka usaha baru.

"Misalnya ingin memelihara ikan, Dinas Perikanan harus memikirkan masyarakat ini untuk bisa menekan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas. Mungkin dengan bantuan mesin atau teknologi pembuat pakan ternak (ikan), misalnya," sambungnya.

Di akhir acara diberikan secara simbolis asuransi nelayan kepada para nelayan yang hadir. Ibnu berpesan agar tetap terus berdoa dan menjaga keselamatan di saat bekerja, meskipun sudah ada asuransi.

Pelayanan-pelayanan yang dilaksanakan yakni penyelenggaraan Pasar Murah dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Diperindagkop-UKM), pemeriksaan kesehatan gratis dari Puskesmas Sungaiselan, pembuatan KTP online oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), sosialisasi SIDOLPIN dari Dinas Perikanan juga peresmian jalan setapak yang diprakarsai oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP).

Adapun rencana kegiatan pada tahun 2020 ini yakni salah satunya DPUPRP akan membangun jalan 2,5 km di Dusun Pangkal Raya Desa Munggu, Diskominfosta memetakan permintaan masyarakat terkait jaringan telekomunikasi, Dinas Pangan dan Dinas Pertanian memprioritaskan penyuluhan dan pendampingan bagi masyarakat untuk peningkatan produksi tanaman dengan menggunakan pupuk MA-11. Kegiatan restocking perairan berupa 1000 ekor benih udang galah dan 1000 ekor benih ikan nila.

Turut hadir dalam kegiatan pelayanan terpadu ini yaitu para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala OPD, Forkopimda Bateng, para penyuluh perikanan, Camat Sungaiselan, Kadus Pangkal Raya, para nelayan, para petani beserta masyarakat.* (WEE/APJ/Foto: IRV)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah