Home Berita Terkini Pemaparan Hasil Kajian Penguasaan Kosakata Verba pada Anak SD di Kabupaten Bangka Tengah

Pemaparan Hasil Kajian Penguasaan Kosakata Verba pada Anak SD di Kabupaten Bangka Tengah

134
0
SHARE
Pemaparan Hasil Kajian Penguasaan Kosakata Verba pada Anak SD di Kabupaten Bangka Tengah

Pangkalanbaru - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaparkan Hasil Kajian Penguasaan Kosakata dan Konfigurasi Leksikal Verba Anak SD Kabupaten Bangka Tengah, di Soll Marina Pangkalanbaru, Kamis (26/11/2020).

Kajian yang dilakukan oleh Surya Eka Prayoga, S.S., dan Drs. Yani Paryono, M.Pd., ini menggunakan responden sejumlah 60 siswa yang bersekolah di SDN 6 Koba dan SDN 1 Namang, terhitung saat penelitian Maret 2020 lalu.

Yani Paryono yang juga Kepala Kantor Bahasa Bangka Belitung menyampaikan bahwa meskipun penelitian terbatas oleh waktu, tenaga dan dana, namun cukup berhasil mengenali sejauh mana pengenalan kosakata oleh anak didik SD, sekaligus bisa mengukur wawasan dan kecerdasan anak.

“Kita bersyukur juga, Indonesia juga telah terjadi revolusi yakni gerakan literasi. Dengan demikian diharapkan minat baca meningkat dan bisa meningkatkan kekayaan kosakata yang dimiliki oleh masyarakat, khususnya para siswa,” tambahnya.

Sementara itu Dinas Pendidikan Bangka Tengah yang diwakili Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Esdras Silverius Bangun, SH., menyambut hangat adanya penelitian ini serta berharap akan ada kelanjutan penelitian sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih luas.

“Kami sangat terbantu dengan penelitian ini karena kedepan akan ada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yakni terkait literasi, numerik dan karakter, yang untuk jenjang SD sasarannya adalah kelas 5. Dengan program ini semoga kami bisa mendapat gambaran umum untuk kami mempersiapkan AKM tersebut,” ujar Esdras.

Lebih lanjut Esdras menyampaikan bahwa penguasaan bahasa sangat penting dan Dinas Pendidikan Bangka Tengah akan menyelenggarakan hal yang sama serta dapat berkolaborasi dengan Kantor Bahasa.

“Kami harap hadirin dapat berpartisipasi aktif melihat hasil penelitian dari Kantor Bahasa ini, silakan ditanyakan apa yang ingin diketahui, atau boleh sampaikan saran yang bisa mendukung penelitian ini lebih baik lagi,” sarannya kepada 40 peserta yang terdiri atas Kepala Sekolah dan Guru SD Bangka Tengah.  

Surya Eka Prayoga selaku peneliti menyatakan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penguasaan kosakata verba siswa sekolah dasar di Kabupaten Bangka Tengah. Hasilnya, variasi verba yang paling banyak dikuasai oleh siswa sekolah dasar adalah verba dengan makna inheren perbuatan, yakni sebanyak 52 variasi atau 66,67% dari total variasi yang ditemukan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih mengenal verba tentang apa yang dilakukan manusia dan belum menguasai verba tentang apa yang terjadi pada benda atau jenis nomina lain.* (APJ/WKN/Foto:MRT)


































Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah