Home Berita Terkini Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bangka Tengah 2021

Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bangka Tengah 2021

135
0
SHARE
Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bangka Tengah 2021

Pangkalpinang - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pendidikan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bangka tengah di Gedung LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (16/09/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka mulai tanggal 16 sampai 17 September 2021 di LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kemudian dilanjutkan diklat selama kurang lebih 288 Jam Pelajaran (JP) yang dilaksanakan sampai dengan 12 Desember 2021 di Unit Kerja masing-masing peserta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sumber pendanaan berasal dari APBD Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021.

Membuka Kegiatan ini Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, S.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembangunan bangsa, dimana keberhasilan pembangunan ditentukan oleh penduduk yang terdidik dalam jumlah, jenis dan tingkat yang memadai.

“Faktor penting untuk meningkatkan suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh pemimpinnya. Demikian juga dengan sekolah, kualitas sekolah ditentukan oleh Kepala Sekolahnya. Oleh karena itu pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah apabila telah mengikuti dan lulus pendidikan pelatihan Calon Kepala Sekolah,” kata Herry Erfian.

Lebih lanjut Wabup mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap terlaksananya kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah ini.

“Saya berharap setelah kegiatan ini akan lahir Kepala Sekolah yang profesional, kreatif dan inovatif dalam menjawab tantangan kerja di masa depan yang lebih kompleks dengan permasalahan yang dinamis. Kepala Sekolah harus siap menghadapi potensi perkembangan isu dan masalah sehingga tercipta analisis masalah dan pemecahan yang tepat,” harap Erfian.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Iskandar, saat ditemui mengatakan bahwa peserta Diklat Calon Kepala Sekolah ini merupakan peserta yang dinyatakan lulus seleksi substansi calon kepala sekolah yang diselenggarakan oleh LPPKSPS dan Universitas Negeri Makasar bekerja sama dengan LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2020.

“Kegiatan Diklat ini diikuti oleh 36 orang peserta yang berasal dari Kabupaten Bangka Tengah yaitu jenjang TK sebanyak 3 orang, jenjang SD sebanyak 25 orang dan jenjang SMP sebanyak 8 orang. Narasumber kegiatan On The Job Training (OJT) Diklat ini adalah pejabat LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah lulus Bimtek Pengajar Diklat Calon Kepala Sekolah yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan,” jelas Iskandar.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah beserta jajarannya, Ketua Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan se-Bangka Tengah, dan tamu undangan lainnya. *(YHP/APJ/Foto:UMM)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah