Home Berita Terkini Pembukaan MTQH Ke-10 Tingkat Kabupaten Bangka Tengah di Masjid Jami

Pembukaan MTQH Ke-10 Tingkat Kabupaten Bangka Tengah di Masjid Jami

99
0
SHARE
Pembukaan MTQH Ke-10 Tingkat Kabupaten Bangka Tengah di Masjid Jami\\

Namang - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., bersama Wakil Bupati, Herry Erfian, S.T., hadiri Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits Nabi Ke-10 tingkat Kabupaten Bangka Tengah di Masjid Jami’atul Khoir, Kecamatan Namang, Selasa (22/06/2021) malam. 

Acara yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Ketakwaan dan Mewujudkan Jiwa Muda Qur'ani Bangka Tengah Semakin Unggul” ini diawali dengan defile kafilah dari LPTQ dan kecamatan dilanjutkan pembacaan doa oleh Ustadz H. Khoirul Faizin, juga pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Abdul Minan Ahmad Fauzi Juara 1 MTQ Internasional London 2021.

Pada laporannya, Ketua Panitia penyelenggaraan MTQH X Tahun 2021 Kabupaten Bangka Tengah, Ustadz H. Masri Saharun, S.Pd.I, M.M., menyampaikan bahwa tujuan MTQH kali ini selain untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap kitab suci Al-Qur'an, juga untuk melestarikan seni dan budaya Al-qur'an. Tujuan lainnya yakni memupuk ukhuwah Islamiyah antar umat khususnya umat Islam di Bangka Tengah sekaligus menyiapkan calon-calon Duta Bangka Tengah pada MTQ tingkat Provinsi dan Nasional.

“Kami dari LPTQ tetap serius dalam melaksanakan kegiatan, yakni yang pertama pelaksanaan MTQ, pembinaan dan pengiriman (duta MTQ - red). Alhamdulilaah, Bangka tengah tahun-tahun terakhir ini masih menjadi juara umum tingkat provinsi. Semoga ke depan semakin meningkat prestasinya,” harap H. Masri.  

Dalam sambutannya Bupati Bangka Tengah berterima kasih kepada Kepala Desa Namang karena telah memberikan kesempatan kepada LPTQ Bangka Tengah untuk dapat melaksanakan MTQH di Masjid Jami'atul Khoir desa Namang.

“Kita tentu merasa tersentuh dan bangga bahwa kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan dengan rutin. Semoga kita semua bisa mempunyai rasa memiliki Al-Qur’an dan meningkatkan kecintaan juga pengamalannya,” ungkap Algafry.

“Pembangunan secara fisik memang sangat penting, namun pembangunan mental dan spiritual manusia juga harus menjadi perhatian bersama dan tidak boleh dilupakan agar bisa melahirkan sumber daya manusia yang beretika dan bermartabat,” tambah Bupati Bangka Tengah.

Pada kesempatan ini, Algafry juga menyampaikan harapannya untuk mengadakan program 1 Desa 1 Guru yang khusus bertujuan melatih anak-anak membaca serta menghafal Al-qur'an dengan metode khusus. Tak lupa, orang nomor satu di Bangka Tengah ini menekankan perlunya penanganan Covid-19 dengan menyukseskan vaksinasi dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Acara pembukaan ini diakhiri dengan pemukulan bedug oleh Kepala Daerah bersama Forkopimda Kabupaten Bangka Tengah pertanda MTQH-X Kabupaten Bangka Tengah siap dimulai.

Peserta MTQH-X ini sejumlah 263 orang yang berasal dari perwakilan LPTQ dan kecamatan-kecamatan se-BangKa Tengah. Acara akan digelar 5 hari yakni dari 22 Juni hingga 26 Juni 2021 pada 3 tempat, yaitu Masjid Jami’atul Khoir Namang, Balai Serbaguna Namang, dan MTSN 1 Belilik, Namang. Pendanaan MTQH-X berasal dari dana Kabupaten Bangka Tengah berupa dana hibah kepada LPTQ Bangka Tengah.

Turut hadir perwakilan Baznas Republik Indonesia, Forkopimda, Sekda, ketua LPTQ Babel, Ketua Baznas Babel, para staf ahli dan asisten di lingkungan Kabupaten Bangka Tengah, Ketua MUI Bangka Tengah, LPTQ Bangka Tengah, juga Camat dan Kades/Lurah se-Bangka Tengah.* (FEK-APJ/APJ/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah