Home Daerah Pemkab Bangka Tengah Bagikan Tips Berhaji Sehat untuk Calon Jemaah Haji 2022

Pemkab Bangka Tengah Bagikan Tips Berhaji Sehat untuk Calon Jemaah Haji 2022

40
0
SHARE
Pemkab Bangka Tengah Bagikan Tips Berhaji Sehat untuk Calon Jemaah Haji 2022

PANGKALAN BARU - Komitmen Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk mengantisipasi kesehatan para calon jemaah haji diwujudkan dalam berbagai persiapan yang optimal. Salah satunya dengan memberikan pembekalan informasi kesehatan dasar kepada para calon jemaah haji yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (16/06/2022), di Hotel Soll Marina, Pangkalan Baru.

Melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dan Bidang Kesehatan Masyarakat, sosialisasi ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bangka Tengah, Pittor, didampingi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Zaitun, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Pangkalpinang, H. Bangun.

Membuka acara, Pittor menyampaikan bahwa selain kondisi lingkungan, seperti cuaca ekstrim di Tanah Suci, juga dibutuhkan kesiapan fisik dan mental pada jemaah dalam menjalani ibadah haji.

"Kami berharap kedepannya para jemaah melakukan proses pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji menuju istitha’ah, dimulai saat jemaah mendaftarkan diri sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Istitha’ah sendiri dimaksudkan sebagai kemampuan jemaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan. Sehingga, jemaah bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat agama Islam.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Mendagri Nomor: 450/1881/SJ tanggal 22 Mei 2016 tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016, berlandaskan Permenkes RI Nomor 15 tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji.

"Sebagian besar jemaah akan mengalami batuk sekembalinya ke tanah air. Maka dari itu, akan diadakan pemeriksaan dan pembinaan kembali di masa kepulangan oleh tim kesehatan selama 14 hari, terhitung sejak jemaah kembali ke tanah air," tambah Pittor.

Usai sambutan, Pittor didaulat menjadi narasumber untuk membawakan materi Tetap Sehat Saat Ibadah Haji. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembinaan jemaah terkait hal-hal penting yang harus diketahui sebelum, selama, dan sesudah menjalankan ibadah haji.

Pada kesempatan ini, narasumber yang dihadirkan antara lain Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan yang membawakan materi Pemeriksaan Kesehatan Embarkasi Antara, Keamanan, dan Kesehatan, perwakilan Kemenag Bangka Tengah membawakan materi Kebijakan dan Persiapan Penyelenggaraan Pelayanan Ibadah Haji 2022, perwakilan Dinkes Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tentang Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Asti Pradiajayanti

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Asti Pradiajayanti