Home Berita Instansi dan Kementerian Pemkab Bangka Tengah Kawal Pengawasan Pengadaan Pupuk dan Pestisida Bersubsidi

Pemkab Bangka Tengah Kawal Pengawasan Pengadaan Pupuk dan Pestisida Bersubsidi

746
0
SHARE
Pemkab Bangka Tengah Kawal Pengawasan Pengadaan Pupuk dan Pestisida Bersubsidi

Pangkalan Baru - Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM)  melaksanakan Rapat Koordinasi Kegiatan Pengawasan Pengadaan Pupuk dan Pestisida Bersubsidi di Hotel Grand Vella, Pangkalan Baru Bangka Tengah, Kamis (31/03/2022).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pittor yang mewakili Bupati Bangka Tengah menyampaikan rasa terima kasih kepada para distributor dan pengecer yang telah berkontribusi dalam penyaluran dan pemenuhan pupuk bagi kelompok tani di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta perwakilan masing-masing distributor dan pengecer di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

"Kita ketahui bersama, pupuk menjadi sarana produksi yang sangat menentukan dalam pencapaian produksi dan produktivitas pertanian sehingga dengan berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah dalam hal penyediaan pupuk, salah satunya dengan menerapkan pupuk subsidi,” papar Pittor.

“Semoga dari kegiatan ini kita dapat manfaat dan mengetahui bagaimana kedepannya terkait pengadaan dan penyaluran pupuk serta pestisida bersubsidi ini dapat berjalan dengan baik," sambungnya.

Pemberian pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian dimaksudkan untuk melindungi petani dari lonjakan harga pupuk dunia sehingga petani dapat membeli pupuk subsidi sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan berdasarkan peraturan Menteri Pertanian.

Sebagaiamana ditegaskan dalam Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2011 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 77 Tahun 2005 tentang penetapan pupuk bersubsidi sebagai barang dalam pengawasan.

Terkait hal ini, maka diperlukanlah instrumen untuk pelaksanaan pengawas penyedia dan saluran pupuk bersubsidi.

“Kegiatan pengawasan pengadaan pupuk dan pestisida bersubsidi ini, kami berharap agar pengawasan mulai dari penyediaan dilakukan alokasi serta distribusi pupuk dari distributor hingga sampai ke tangan petani yang membutuhkan," tegas Pittor.

Dihadiri oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel, Dinas Pangan Bateng, Dinas Pertanian Bateng, Disperindagkop-UKM Bateng, perwakilan PT Globusartha Internusa, perwakilan PT Yuneldo Berjaya, perwakilan PT Media Distribusi Nasional, dan para peserta.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Dodi Firmansyah
Editor: Kumala Sari Dewi
Fotografer: Dodi Firmansyah