Home Daerah Pemkab Bangka Tengah Kembali Gelar Operasi Pasar Reguler dan Khusus, Kali Ini di Kecamatan Koba

Pemkab Bangka Tengah Kembali Gelar Operasi Pasar Reguler dan Khusus, Kali Ini di Kecamatan Koba

453
0
SHARE
Pemkab Bangka Tengah Kembali Gelar Operasi Pasar Reguler dan Khusus, Kali Ini di Kecamatan Koba

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) kembali menggelar Operasi Pasar Reguler dan Pasar Khusus berupa paket subsidi bahan pokok yang kali ini dilaksanakan di Kecamatan Koba, bertempat di halaman Kantor Camat Koba, Rabu (18/10/2023).

Diketahui, masyarakat yang sudah terdata ini dapat membeli paket subsidi bahan pokok berupa beras premium sebanyak 10 kg, minyak goreng premium 2 liter, dan gula pasir 2 kg dengan harga Rp107.500,. Untuk harga normalnya paket ini adalah Rp212.500,- sehingga disubsidi oleh pemerintah daerah sebesar Rp105.000,-.

Saat ditemui, Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, mengatakan bahwa operasi pasar murah ini digelar di semua Kecamatan di Bangka Tengah untuk membantu meringankan masyarakat khususnya masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

"Di Kecamatan Koba ini, kita sediakan 2.500 paket, namun yang hadir hari ini hanya 2 kelurahan yakni Arung Dalam dan Berok, sedangkan desa dan kelurahan lainnya diantar ke masing-masing kantor desa dan kelurahan untuk diserahkan langsung ke masyarakat," ucapnya.

Dikatakan Algafry bahwa ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah daerah dalam membantu meringankann beban harga yang melonjak saat ini, terutama bahan pokok. Dirinya juga mengatakan bahwa paket sembako ini akan bertambah bulan depan, yakni sebanyak 3.000 paket untuk setiap kecamatan di Bateng

"Hari ini di Kecamatan Koba sudah kita bagikan, tinggal nanti minggu depan insyaallah Kecamatan Namang, kemudian Lubuk Besar. Bulan depan akan kita juga akan serahkan lagi kurang lebih 3000 paket sembako untuk seluruh kecamatan di kabupaten Bangka Tengah," ucapnya

Dirinya berharap, kegiatan pasar murah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Dengan harga asli Rp212.500,- mereka cukup bayar Rp107.500,- jadi ada subsidi Rp105.000,- dari Pemda. Semoga masyarakat terbantu dan program ini akan terus kita lakukan," tutupnya.

Ditemui di tempat yang sama, Yodie Oktomi selaku Sekretaris Disperindagkop UKM Bateng, mengatakan total paket sembako subsidi yang diserahkan kepada masyarakat Bangka Tengah ada 10.000 paket.

"Setiap kecamatan mendapat 2.500 paket subsidi yang kita bagikan ke masyarakat di setiap kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah. Tetapi untuk Kecamatan Sungaiselan kita serahkan 4.000 paket dari provinsi sehingga kita ambil empat kecamatan. Nanti tanggal 31 (Oktober) akan kita bagikan juga di Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 4.000 paket yang juga termasuk kegiatan dari Provinsi Babel," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, antusias masyarakat sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan subsidi seperti ini sangat membantu di tengah melejitnya harga bahan pokok. Rencananya, bulan November mendatang akan ada subsidi lagi.

"Masyarakat juga meminta kalau bisa setiap bulan digelar Pasar Reguler dan Pasar Khusus ini. Insyaallah, bulan depan kita salurkan 18.000 paket, jadi setiap kecamatan mendapat 3.000 paket sembako, tapi kita prioritaskan yang belum dapat," ucapnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Redoh Soniman

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Redoh Soniman