Home Berita Instansi dan Kementerian Pemkab Bateng Berikan Bantuan untuk 450 Nelayan

Pemkab Bateng Berikan Bantuan untuk 450 Nelayan

252
0
SHARE
Pemkab Bateng Berikan Bantuan untuk 450 Nelayan

KOBA – Dinas Perikanan (Diperkan) Kabupaten Bangka Tengah dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang menggelar sosialisasi dan fasilitasi Bantuan Premi Asuransi Jiwa Bagi Nelayan Tahun 2022 dalam upaya mewujudkan masyarakat nelayan Bangka Tengah yang mandiri, sejahtera, dan semakin unggul. Kegiatan ini digelar di Ruang Pertemuan Balai Benih Ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Senin (12/09/2022).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bangka Tengah yang hadir pada acara ini, Pittor, mengatakan bahwa bantuan premi asuransi ini adalah program untuk memberikan perlindungan bagi nelayan kecil. Hal ini mengingat profesi nelayan memiliki risiko yang cukup tinggi dalam menjalankan pekerjaannya.

"Saat melakukan kegiatan penangkapan ikan, nelayan seringkali dihadapkan pada cuaca tidak bersahabat. Kami berharap bantuan premi ini akan memberikan jaminan perlindungan untuk menghindarkan risiko yang dialami nelayan di masa yang akan datang," harap Pittor.

Meneruskan hal itu, Kepala Diperkan Bateng, Taufik, mengatakan bahwa nelayan merupakan salah satu profesi yang memiliki risiko besar. Program asuransi ini akan menjamin perlindungan para nelayan terhadap berbagai resiko yang mungkin terjadi saat mereka melaut.

“Dengan adanya bantuan premi asuransi bagi nelayan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kehidupan nelayan sebagai jaminan keselamatan dan asuransi jiwa,” kata Taufik.

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan bahwa program ini kembali digelar tahun 2022 sebagai bentuk perlindungan bagi nelayan kecil di Kabupaten Bangka Tengah.

Dijelaskannya, pada tahun 2021 lalu, ada 350 nelayan penerima bantuan. Sedangkan tahun 2022 ini tahap pertama 223 nelayan penerima bantuan, dan untuk tahap kedua nanti ada 227 nelayan penerima bantuan. Dengan demikian total nelayan yang menerima bantuan tahun 2022 ini berjumlah 450 orang.

Bantuan premi asuransi jiwa bagi nelayan merupakan bantuan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan bantuan sarana nelayan dari dana DAK (Dana Alokasi Khusus) Bangka Tengah Tahun 2022.

Sementara itu, ditemui usai menyerahkan bantuan, Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, mengharapkan program ini dapat memberikan perlindungan dan memberikan jaminan keamanan serta keselamatan bagi para nelayan.

“Asuransi nelayan memberikan perlindungan kepada nelayan dari ancaman risiko meninggal dunia. Tapi doanya, semoga nelayan selalu diberikan keselamatan dalam bekerja. Tetap semangat, dan tolong dorong anak-anaknya untuk tetap bersekolah demi masa depan,” pesan Algafry Rahman.

Secara simbolis, bantuan alat tangkap serta sarana bantu penangkapan ikan Bidang Perikanan Tangkap Tahun Anggaran 2022 diserahkan kepada perwakilan nelayan. Bantuan tersebut antara lain mesin kapal atau perahu penangkap ikan berupa 3 unit mesin tempel 9,8 PK (untuk KUB Tanjung Udang, KUB Kuda Laut II, KUB Bahari Jaya), alat penangkap ikan ramah lingkungan berupa jaring udang dan ikan (untuk KUB Binjai Belanak I, Koperasi Produsen Perikanan Barokah Terentang, KUB Karang Baru), sarana pendukung kegiatan penangkapan ikan berupa GPS, Fish Finder, lampu, coolbox (untuk Koperasi Produsen Perikanan Barokah Terentang, KUB Beriga Jaya, KUB Nelayan Tradisi dan KUB Sinar Baru).

Turut hadir perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, para penyuluh perikanan se-Bateng, Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Diperkan dan perwakilan nelayan. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Qori Ulfi Alawiyah

Editor: Asti P

Fotografer: Ahmad Faris