Home Berita Terkini Pemkab Bateng Dapatkan 1 Unit Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpusnas

Pemkab Bateng Dapatkan 1 Unit Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpusnas

1,299
0
SHARE
Pemkab Bateng Dapatkan 1 Unit Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpusnas

Jakarta – Program Kerja Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia di Jakarta dalam rangka Konsultasi dan Koordinasi tentang Program Kegiatan Pusat untuk Daerah pada Jumat (18/10/2019) disambut hangat oleh Drs. Muhammad Syarif Bando, MM selaku Kepala Perpusnas RI.

Wakil Bupati Bateng, Yuliyanto Satin, SE.,MM., turut mendampingi Komisi I DPRD Bateng untuk membicarakan lebih lanjut terkait program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bateng melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP). Supriyadi, SH sebagai koordinator Komisi I DPRD Bateng sebelum berangkat ke Jakarta, telah berkoordinasi dengan Kepala DKP, Budi Utama, STP.,M.Si., terkait beberapa hal yang menjadi kebutuhan DKP serta menjelaskan program-program DKP selanjutnya.

Ketika Komisi I menyampaikan hal tersebut kepada Kepala Perpusnas, tak disangka ditanggapi secara langsung dan dengan spontan memberikan satu unit mobil perpustakaan keliling kepada Pemkab Bateng. Secara simbolis Pahlevi selaku perwakilan Komisi I DPRD Bateng menerima bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling yang diserahkan langsung oleh Kepala Perpusnas RI.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut mengenai hal ini Yuliyanto mengaku sangat senang. Menurutnya, Kepala Perpusnas dan jajarannya sangat responsif dalam menerima kunjungan dari Pemkab dan Komisi I DPRD Bateng. Dalam sambutannya, Yuliyanto menyampaikan keinginan serta harapan agar Perpustakaan Nasional dapat memberikan beberapa bantuan kepada Pemkab Bateng, salah satunya permintaan mobil perpustakaan keliling.

“Syukur alhamdulillah, hari ini juga langsung dikabulkan oleh Perpusnas. Hal ini sangat luar biasa bagi Bangka Tengah dan saya sangat mengapresiasi hal ini. Mudah-mudahan bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) juga dapat terealisasi,” ujar Yuliyanto.

Selain itu, Yuliyanto mengaku siap seandainya Perpusnas meminta Bateng menjadi tuan rumah jika ada agenda nasional. Harapannya, semoga semua permintaan Pemkab Bateng bisa terealisasikan sepenuhnya oleh Perpusnas. Penambahan mobil Perpustakaan keliling ini diharapkan juga bisa menambah motivasi dan minat baca bagi anak-anak beserta orang tua yang ada di Bateng.

“Dengan membaca maka sumber ilmu dan pengetahuan akan semakin bertambah, sesuai dengan slogan kita "Membaca Dapat Membunuh Kebodohanmu",” tambah Yuliyanto.

Sejalan dengan pernyataan Wabup Bateng, Kepala DKP, Budi Utama, ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengatakan bahwa bantuan dari Perpusnas berupa mobil Perpustakaan keliling ini karena mereka merasa tertarik dengan program DKP mengingat program DKP tahun depan telah menargetkan 56 Desa di Bateng yang akan dibentuk perpustakaan karena sudah masuk RKP (Rencana Kerja Pemerintah).

“Sekarang baru 34 Desa yang sudah dibentuk, perpustakaan sekolah sudah jalan ke sekolah-sekolah dan dari semua kegiatan DKP yang dipaparkan memiliki hambatan yakni kekurangan mobilisasi. Ternyata hal ini ditanggapi secara langsung oleh Kepala Perpusnas dengan memberikan satu unit mobil perpustakaan keliling,” tutur Budi.

Budi Utama mengaku terkejut sekaligus senang dengan permberian mobil ini secara langsung karena biasanya untuk mendapatkan mobil perpustakaan keliling ini pihak DKP harus menyerahkan pengajuan proposal terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, support yang diberikan oleh Perpusnas sangat luar biasa.  Kepala Perpusnas juga merasa bangga telah memberikan bantuan mobil ini secara langsung kepada Komisi I DPRD Bateng dan Wakil Bupati Bateng. Insya Allah Desember nanti mobil sudah bisa diambil,” ujar Budi Utama.

Ia juga merasa sangat bahagia, terharu sekaligus bangga karena akses untuk mendapatkan bantuan mobil perpustakaan keliling ini dengan mudah didapatkan.

“Saya merasa bersyukur dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini, karena kita (DKP-red) memang masih kekurangan sarana dan prasarana.  Tahun ini ada 4.000 eksemplar buku baru yang akan kita distribusikan. Nantinya buku ini akan kita tempatkan dimobil yang baru untuk bisa menunjang mobilitas,” harap Budi.

Penambahan 1 unit mobil perpustakaan keliling ini sangat membantu mobilisasi perpustakaan keliling. DKP sebelumnya sudah memiliki 2 mobil perpustakaan keliling, satu mobil bisa menjangkau dua sekolah, maka diharapkan dengan adanya 3 unit mobil perpustakaan keliling setiap harinya bisa menjangkau lebih banyak sekolah. Hal ini dirasakan sangat efektif dan efisien dalam hal mobilisasi perpustakaan keliling.* (WEE/APJ/Foto: DPRD Bateng)

 

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah