Home Berita Terkini Pemkab Bateng Gelar Acara Peringatan Hari Ikan Nasional

Pemkab Bateng Gelar Acara Peringatan Hari Ikan Nasional

426
0
SHARE
Pemkab Bateng Gelar Acara Peringatan Hari Ikan Nasional

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah memperingati Hari Ikan Nasional ke-6 dengan melaksanakan rangkaian acara di halaman Kantor Dinas Perikanan Bateng pada Rabu, (20/11/2019).

Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa peringatan Hari Ikan Nasional merupakan momentum bagi pemerintah untuk mengingatkan serta mengajak agar meningkatkan kesadaran nasional tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan nasional secara menyeluruh baik aspek politik, sosial, budaya, pangan, pelestarian lingkungan maupun sumber daya manusia.

Lebih lanjut Ibnu juga mengatakan ikan juga memiliki peran yang penting dan strategis dalam mendukung pembangunan termasuk dalam bidang ekonomi serta pangan dan gizi untuk masyarakat. Ibnu juga mengajak nelayan yang ada di Bateng untuk memanfaatkan teknologi yang makin canggih, salah satunya adalah Sidolpin (sistem informasi daerah potensial penangkapan ikan).

"Nelayan bisa dengan mudah mengakses informasi sebelum melakukan kegiatan penangkapan. Adanya tujuan daerah penangkapan yang lebih terarah tentunya bisa sangat menghemat biaya oprasioanal nelayan. Dengan adanya Sidolpin nelayang Bangka Tengah diharapkan akan semakin unggul," ujar Ibnu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan Bateng, Dedi Muchdiyat, SP., mengatakan Bateng dalam hal ini merupakan satu-satunya kabupaten yang menganggarkan premi asuransi nelayan dalam APBD. Besaran nilai premi yakni Rp 175.000/ individu per tahunnya yang diperuntukkan bagi 750 nelayan yang ada di Kabupaten Bateng.

"Asuransi nelayan ini merupakan salah satu upaya pemerintah setempat dalam memperhatikan kesejahteraan nelayan. Kita juga harus berterima kasih kepada nelayan karena nelayan adalah pahlawan protein Indonesia," ucap Dedi.

Rangkaian acara selanjutnya yakni pemberian bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa alat berat excavator kepada koperasi karya bersama oleh Ibnu Saleh. Ia juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada KUB (kelompok usaha bersama) dan koperasi yang bergerak di bidang perikanan. Bantuan tersebut diantaranya berupa sarana dan prasarana unit pembenihan rakyat, sarana dan prasarana budidaya air tawar, jaring ikan dan kapan tangkap ikan.

Kegiatan ini di ikuti sebanyak 400 orang terdiri dari pelaku usaha perikanan ( nelayan, pembudidayaan ikan dan pengelola hasil ikan). Hadir dalam acara tersebut diantaranya perwakilan Kapolres Bateng, Perwakilan Kajari Bateng, ketua komisi ll atau yang mewakili, para Kepala OPD, Ketua Bhayangkari Polres Bateng, Ketua Forum Kabupaten Sehat, para tamu undangan serta anak PAUD Garuda Pangkalan Baru yang memeriahkan acara dengan menampilkan senam Gemari.* (RIS/WEE/Foto: RIN)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah