Home Berita Terkini Pemkab Bateng Gelar Seminar Parenting Kegiatan Advokasi dan KIE Pemenuhan Hak Anak

Pemkab Bateng Gelar Seminar Parenting Kegiatan Advokasi dan KIE Pemenuhan Hak Anak

1,345
0
SHARE
Pemkab Bateng Gelar Seminar Parenting Kegiatan Advokasi dan KIE Pemenuhan Hak Anak

KOBA -  Dalam rangka memberikan ilmu dan menambah wawasan kepada orang tua tentang pola asuh anak yang baik dan menjadi keluarga yang hebat untuk mendapatkan generasi penerus yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah  (Bateng) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bateng menggelar seminar Parenting kegiatan advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) pemenuhan hak anak di Gedung Diklat Bateng, Rabu (16/10/2019).

Bupati Bateng yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan,  Siti Aswati, S. Ag., M.Pdi dalam sambutannya mengatakan, saat ini kasus kekerasan terhadap anak marak terjadi di negeri ini. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan orang tua agar hak anak harus terpenuhi sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Anak.

"Secara umum anak juga mempunyai hak yang harus dipenuhi. Ada 4 hak anak yang harus kita ketahui yakni, hak hidup, hak tumbuh kembang, hak partisipasi dan hak perlindungan," ucap Siti.

Banyaknya kasus kekerasan maupun moril terhadap anak yang beredar di media massa saat ini menjadi perhatian khusus  para orang tua. Untuk menghindari masalah tersebut maka peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik serta mengawasi anak untuk menjadi generasi penerus yang berkualitas.

"Sering kita lihat berita yang tidak pantas dilakukan terhadap anak di media elektronik maupun media massa. Kekerasaan, kasus mencuri, perkelahian, menjadi pekerja seks komersial, bahkan penyalahgunan narkoba telah kita saksikan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan tidak adanya pengawasan serta pendidikan yang baik dari orang tua terhadap anaknya," jelas Siti.

Dilanjutkannya, mendidik dan menjaga anak yang baik merupakan tugas pokok dan tanggungjawab sebagai orang tua. Ia menilai tindakan tersebut merupakan salah satu ibadah sebagai umat muslim untuk membentuk karakter anak dengan agama yang kuat sehingga menjadi anak-anak unggul,  berakhlakul karimah dan berkualitas untuk menjadi generasi yang akan membangun Negeri Selawang Segantang.

"Memang tidak mudah dan cukup berat tugas kita sebagai orang tua untuk memperoleh itu semua, tapi harus kita ketahui mereka merupakan titipan Tuhan yang harus kita jaga untuk menjadi manusia sebaik mungkin," tegas Siti Aswati.

Kegiatan yang bertajuk "Keluarga Hebat Anak Bahagia" diikuti oleh 37 peserta dengan Gisella Tani Pratiwi sebagai narasumber yang merupakan Psikolog Yayasan Pulih Jakarta Pusat. Seminar ini dihadiri pula oleh perwakilan DPRD Bateng Mariyam, S.H, M.A, perwakilan Polres Bateng, Sekwan Bateng dan Kepala DPPKBPPPA Bateng.* (IAN/WEE/Foto: IRV)


Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah