Home Berita Terkini Pemkab Bateng Ikuti Vidcon Penanganan Covid -19 Bersama Mendagri

Pemkab Bateng Ikuti Vidcon Penanganan Covid -19 Bersama Mendagri

744
0
SHARE
Pemkab Bateng Ikuti Vidcon Penanganan Covid -19 Bersama Mendagri

Koba - Menteri Dalam Negeri RI, Prof. Drs. H. Muhamad Tito Karnavian , MA., Ph.D., melakukan video conference (vidcon) dengan seluruh Pemerintah Daerah se-Indonesia, termasuk Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk membahas penanganan Covid-19 di daerah. Vidcon ini dilaksanakan di Smart Meeting Room Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Senin (03/05/2021) pagi.

Mendagri dalam paparannya menyoroti kasus Covid-19 yang sangat meningkat sehingga untuk menghadapi krisis ini perlu langkah-langkah memperkuat protokol kesehatan di daerah masing- masing dalam melawan Covid-19.

“Saya tegaskan, semua kepala daerah di seluruh Indonesia agar melaksanakan semua proses penanganan Covid-19 di daerah masing-masing untuk menghindari Covid-19 dengan selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, hindari kerumunan dan dilarang untuk mudik," ujar Tito.

Sementara itu, Doni Monardo selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan harapan kepada pemerintah daerah agar terus melakukan koordinasi dengan Forkopimda setempat, organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat/ tokoh ulama untuk menyosialisasikan dan menghimbau masyarakatnya agar tidak mudik guna menghindari penyebaran Covid-19.

Dony Monardo mengatakan  bagi masyarakat yang sudah terlanjur mudik agar melakukan isolasi mandiri sebagai orang dalam pemantauan (ODP) sesuai dengan protokol kesehatan.

“Saya berharap pemerintah daerah mempersiapkan tempat karantina kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan, serta memberi arahan secara berjenjang sampai dengan tingkat desa untuk menghindari stigma negatif yang berlebihan terhadap pemudik,” harapnya.

Ditambahkan oleh Dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, Ph.D, KEMD., Wakil Menteri Kesehatan RI, bahwa >12,4 Juta penduduk sudah divaksinasi. Kapasitas vaksinasi yang bisa mencapai 504.978 Perhari telah mendapatkan total vaksinasi tercatat per tanggal 02 Mei 2021 hingga pukul 18.00 adalah sebanyak 51.936 orang. Dante menyebutkan vaksinasi akan terus dilanjutkan secara berkala. Ia pun mengapresiasi keikutsertaan masyarakat untuk vaksinasi dan diharapkan bisa mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas.

Ikut serta menyaksikan vidcon ini Sekretaris Daerah Bateng, Kepala Kejaksaan Negeri, Asisten I, Wakapolres, Ketua DPRD, Dandim 0413/BKA, perwakilan dari BPBD, perwakilan Dinas Kesehatan, perwakilan Diskominfosta, dan Perwakilan Satpol PP.* (UMM/APJ/Foto:QRY)

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah