Home Penghargaan Pemkab Bateng Kembali Toreh Prestasi, Sabet Penghargaan APE Kategori Utama Ketiga Kalinya

Pemkab Bateng Kembali Toreh Prestasi, Sabet Penghargaan APE Kategori Utama Ketiga Kalinya

191
0
SHARE
Pemkab Bateng Kembali Toreh Prestasi, Sabet Penghargaan APE Kategori Utama Ketiga Kalinya

Koba -  Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 Kategori Utama diraih Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Acara ini dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bertempat di Smart Meeting Room Pemda Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (13/10/2021).

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Saat di temui dr. Hj. Dede Lina Lindayanti, MKM., selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bangka Tengah mengucap syukur atas penghargaan yang telah diterima.

"Bangka Tengah kembali menoreh prestasi, mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). APE adalah salah satu apresiasi kepada daerah yang telah melaksanakan pengarusutamaan gender (PUG). Penekankannya kepada kaum perempuan untuk berperan aktif di dalam pembangunan,” ujar Dede.

Menurutnya Pemkab Bangka Tengah dalam hal ini Bupati, berkomitmen penuh untuk memberikan ruang dan waktu kepada para kaum perempuan untuk bersinergi, berkreasi, dan berinovasi dalam menopang pembangunan di Bangka Tengah.

dr. Dede merasa bersyukur karena Bangka Tengah sudah tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan APE.

"Alhamdulillah ini bukan pertama kalinya Bangka Tengah mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG). Kali ini sudah tahun ketiga berturut-turut mendapatkan penghargaan ini. Pertama kali tahun 2016 dengan Kategori Madia, kemudian tahun 2018 naik menjadi Kategori Utama dan tahun 2021 kami masih bisa memperjuangkan, mempertahankan pelaksanaan pengarustamaan gender di Kategori Utama," ungkapnya seraya menjelaskan penghargaan ini merupakan kerja keras semua sektor/lini (OPD, Dewan maupun Desa/Kelurahan) di Bangka Tengah.

dr. Dede mengatakan hanya 72 Kabupaten se-Indonesia yang mendapatkan APE dengan Kategori Utama salah satunya adalah Bangka Tengah.

"Hanya ada 72 kabupaten se-Indonesia yang mendapatkan kategori utama dan satu langkah lagi target kita kedepannya InsyaAllah masuk ke Kategori Mentor. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kita semua kaum perempuan di Bangka Tengah untuk lebih berdaya dan maju untuk menopang ekonomi keluarga," harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Bateng, Inspektur Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah, Ketua Bhayangkari Kabupaten Bateng serta Ketua DWP Kabupaten Bangka Tengah.* (RDO/WEE/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah