Home Berita Terkini Pemkab Bateng Lakukan Skrining Bagi Pejabat Publik Penerima Vaksin Covid-19 Perdana di Bateng

Pemkab Bateng Lakukan Skrining Bagi Pejabat Publik Penerima Vaksin Covid-19 Perdana di Bateng

950
0
SHARE
Pemkab Bateng Lakukan Skrining Bagi Pejabat Publik Penerima Vaksin Covid-19 Perdana di Bateng

Koba - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah melalui RSUD Bangka Tengah melakukan skrining penerima vaksin Covid-19 perdana kepada para pejabat publik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bangka Tengah, Jum'at (29/01/2021).

Hal ini dilakukan dalam rangka upaya meminimalkan penularan Covid-19 serta angka kesakitan dan kematian hingga dilakukannya langkah awal antisipasi vaksinasi Covid-19 melalui skrining.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah, dr. Yeni Marlina, Sp.PD saat dijumpai pada kesempatan yang sama menyampaikan, kegiatan skrining dilakukan kepada 10 pejabat publik Forkopimda yang ada di Bangka Tengah.

"Skrining yang dilakukan kepada 10 pejabat publik Forkopimda ini merupakan kesiapan awal sebelum dilakukan vaksin pada hari yang ditentukan nantinya," kata Yeni.

Menurutnya, skrining yang telah dilakukan oleh sebagian pejabat publik forkopimda Bangka Tengah, dijumpai beberapa kendala diantaranya memiliki tensi dan gula darah yang tinggi.

"Untuk itu, bagi mereka yang memiliki tensi melebihi 140/100 atau melalui konversi gula darah puasa melebihi 126 mg/dl akan ditunda terlebih dahulu pemberian vaksin Covid-19. Perlu diobati terlebih dahulu sampai tensi darah dan gula darah menjadi normal baru akan divaksin," ucapnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, jika tensi dan gula darah tinggi maka respon tubuh terhadap vaksin tidak akan maksimal. Harapannya, ketika vaksin masuk maka tubuh membentuk antibodi. Untuk itu, tubuh harus sehat sehingga kerjanya akan maksimal.

"Jika semua orang sudah memiliki kekebalan terhadap virus Covid-19, walaupun virusnya ada kita mampu bertahan untuk tidak sakit. Kalau pun sakit, tidak akan terlalu berat dan menyebabkan kematian.  Inilah fungsi vaksinasi massal seperti itu, yakni membentuk komunitas kekebalan komunitas," jelasnya.

Lebih jauh Ia menuturkan, angka kesakitan atau kematian akibat Covid-19 akan diharapkan mengalami penurunan secara signifikan dan pandemi ini akan segera berakhir dengan adanya vaksinasi massal Covid-19.

Sebanyak 10 pejabat publik Forkopimda Bangka Tengah penerima vaksin Covid-19 perdana yakni, Bupati Bangka Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Danramil 413-04 Koba, Kapolres Bangka Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Tengah,  Ketua Pengadilan Negeri Bangka Tengah, Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Kepala Kementerian Agama Bangka Tengah, dan Ketua MUI  Bangka Tengah.* (RIN/WEE/Foto: UMM)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah