Home Berita Terkini Pemkab Bateng melalui Dinsos-PMD Gelar Pelatihan Manajemen Kepengurusan Daerah Bumdes Berbasis E-Marketing

Pemkab Bateng melalui Dinsos-PMD Gelar Pelatihan Manajemen Kepengurusan Daerah Bumdes Berbasis E-Marketing

90
0
SHARE
Pemkab Bateng melalui Dinsos-PMD Gelar Pelatihan Manajemen Kepengurusan Daerah Bumdes Berbasis E-Marketing

Pangkalan Baru – Guna menciptakan desa yang mandiri melalui pengembangan usaha ekonomi masyarakat yang ada di desa, Pemerintah Kabupaten  Bangka Tengah tak henti-hentinya berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepada direktur ataupun pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan melaksanakan Pelatihan Manajemen Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa Berbasis E-Marketing melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (13/02/2020).

Pelatihan Manajemen Kepengurusan Bumdes Berbasis E-Marketing ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 12 s.d 14 Februari 2020 bertempat di Grand Vella Hotel, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah.

Pelatihan ini diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari Pengurus Bumdes se-Kabupaten Bangka Tengah. Hadir dalam acara ini, Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., Kepala Dinsos PMD, Risaldi Adhari N., S.Psi, MM, Kepala Bidang PMD, Hamdani, SE, Kasi Kelembagaan dan Sosial Budaya, Ristiria Megatama, M.Kesos, Kasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi, Yuniarti, SE serta narasumber yaitu Suhardi, S.E,M. Acc.AK, dan Adisuputra, ST.,M.Kom yang berasal dari STIE PERTIBA, Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah mengatakan Bumdes harus bisa mencari peluang-peluang yang bisa dikembangkan untuk usaha di desanya.

"Usahakan untuk menekan biaya produksi dan tingkatkan kreativitas," imbuhnya.

Ia juga mengatakan supaya Bumdes dapat menjaga kualitas produk dan dapat membuat jaringan antar Bumdes, sehingga dapat saling sharing produk masing-masing desa. Selain itu Bumdes juga harus melihat kebutuhan pasar.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinsos-PMD, Risaldi Adhari juga berharap dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat memahami cara mengelola bisnis secara online dengan mempromosikan dan menjual produk-produk UMKM secara meluas sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Kegiatan Pelatihan ini bersumber dari APBD Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2020.* (MRT/WEE/Foto: MRT)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah