Home Daerah Pemkab Bateng Rangkul Investor untuk Bersinergi Tingkatkan Investasi dan Perekonomian

Pemkab Bateng Rangkul Investor untuk Bersinergi Tingkatkan Investasi dan Perekonomian

563
0
SHARE
Pemkab Bateng Rangkul Investor untuk Bersinergi Tingkatkan Investasi dan Perekonomian

PANGKALANBARU – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Kabupaten Bangka Tengah menggelar Forum Investasi Kabupaten Bangka Tengah, bertempat di Ballroom Hotel Santika, Kecamatan Pangkalanbaru, Selasa (24/10/2023).

Mengusung tema Investasi Tumbuh, Bangka Tengah Maju forum ini digelar sebagai upaya untuk membangun dan menciptakan sinergi dan kepercayaan antara Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dengan para investor.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan, investasi merupakan bagian penting dalam pergerakan perekonomian di daerah. Oleh karena itu, Algafry menekankan bahwa Pemkab Bateng berkomitmen akan terus berusaha dan berinovasi untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Bangka Tengah dengan memberikan layanan terbaik kepada investor.

“Kami akan terus berupaya menggali potensi dan peluang investasi, melalui kajian bersama akademisi dan pemanfaatan teknologi informasi untuk menarik investor supaya semakin banyak yang masuk ke Kabupaten Bangka Tengah,” ucap Algafry.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan forum ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatan investasi di Kabupaten Bangka Tengah.

“Kegiatan ini merupakan usaha kami untuk terus berbenah memperbaiki iklim investasi, membuka seluas-luasnya ruang bagi kita untuk bersinergi, membangun kepercayaan, menyamakan visi misi, mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi terbaik, serta membangun komunikasi yang efektif agar terjalin kerja sama yang baik untuk kemajuan perekonomian masyarakat Bangka Tengah,” tutur Algafry.

Senada dengan Bupati, Kepala DPMPTK Kabupaten Bangka Tengah, Aisyah Sisylia mengatakan tujuan forum ini yaitu agar terjalin harmonisasi antara Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan para investor sehingga terlaksana satu visi misi yang sama untuk kemajuan Bangka Tengah.

“Pada forum ini juga, kami ingin mendengar apa yang menjadi kendala atau permasalahan di ruang lingkup pelaku usaha tersebut. Hal yang paling utama, yaitu kami ingin mempromosikan kepada calon investor bahwa Bateng kaya akan potensi dan sudah ada beberapa peluang yang siap untuk ditawarkan, diantaranya ada 5 titik peluang investasi yang sudah kami kaji,” jelasnya.

Forum ini menghadirkan narasumber, yakni Dr. H. Joko Triadhi, S.E., M.Si., selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bangka Tengah. Ia menyampaikan Kabupaten Bangka Tengah mempunyai banyak sektor yang menjanjikan untuk berinvestasi, diantaranya sektor perikanan, sektor perkebunan dan pertanian, sektor industri dan pertambangan, serta sektor pariwisata.

Adapun peserta pada forum ini merupakan investor dan calon investor yang berasal dari beberapa unsur organisasi usaha, seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), pelaku usaha perseorangan dan badan usaha.

Ase (40) salah seorang pelaku usaha makanan dan minuman mengaku sudah 10 tahun berinvestasi di Bangka Tengah dan turut menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah Bangka Tengah. Ia menyampaikan apresiasinya atas kepedulian Pemkab Bateng terhadap pelaku usaha dan kemudahan investasi di Bangka Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, dan perwakilan OPD.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Deanty N

Editor: Rini Martini

Fotografer: Deanty N