Home Berita Terkini Pemkab Bateng Taburkan Ribuan Benih Ikan Lokal di Kolong Celuak

Pemkab Bateng Taburkan Ribuan Benih Ikan Lokal di Kolong Celuak

246
0
SHARE
Pemkab Bateng Taburkan Ribuan Benih Ikan Lokal di Kolong Celuak

SIMPANG KATIS - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Perikanan taburkan sekitar 17.845 ekor benih ikan di kolong Desa Celuak, Kecamatan Simpang Katis, Bangka Tengah, Jumat (02/09/2022).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan manfaat secara luas kepada masyarakat dengan melestarikan ikan air tawar di perairan atau yang disebut kolong pada umumnya.

"Hari ini kita akan menebar benih ikan lokal. Kurang lebih ada empat jenis ikan, ada ikan Baung Penyak, ikan Gabus, ikan Seruang dan ikan Sapil atau Sembakang. Keseluruhan berjumlah sekitar 17.845 ekor," ucap Taufik saat ditemui pada acara lomba memancing di kolong Desa Celuak tersebut.

Taufik menyebutkan, sungai atau kolong sangat cocok untuk mengembangkan ikan air tawar secara alami. Untuk itu, kedepannya Pemerintah Bangka Tengah berencana akan membuat sebuah program yakni menaburkan benih ikan air tawar di setiap kolong. Tujuannya agar bidang perikanan air tawar dapat berkembang dan menjadi nilai ekonomi masyarakat di Kabupaten Bateng khsusunya.

"Saat ini kita mulai merintis, artinya kalau perlu kolong-kolong atau perairan umum kita ini semuanya kita tebar ikan. Bisa jadi kedepannya menjadi potensi ekonomi, kalau dalam istilah perikanan itu Culture Based Fisheries (CBF)," jelas Taufik.

"Kedepannya, atas seizin pimpinan tentunya, kita akan membuat konsep dan observasi kira-kira kolong mana yang cocok kita restocking benih ikan lokal," tambahnya. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Ian

Editor: Asti P.

Fotografer: Dinas Perikanan