Home Daerah Pemkab dan TP-PKK Bateng Kompak Realisasikan Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

Pemkab dan TP-PKK Bateng Kompak Realisasikan Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

2,279
0
SHARE
Pemkab dan TP-PKK Bateng Kompak Realisasikan Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

Pangkalpinang – Senin (07/02/2022), bertempat di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), launching Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry.

Launching Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Dra. Laksmi Dharmayanti selaku Wakil Ketua I TP-PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta dilanjutkan Penandatanganan Komitmen Bersama dengan seluruh TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dikatakan drg. Eva Algafry, Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana ini sebagai pilot project bagi masing-masing desa/kelurahan berdasarkan 9 indikator.

“Dengan koordinasi antara OPD dan PKK, Kabupaten Bangka Tengah juga sudah mengutus desa/kelurahan yang akan dijadikan pilot project, tinggal menunggu hasil dari verifikasi pusat,” ucap Eva yang menyambut baik serta antusias terhadap gerakan keluarga sehat ini.

Eva juga menambahkan jika dapat terlaksana dengan baik, gerakan ini akan membantu Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam mengedukasi serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan masyarakat yang ada di Bangka Tengah.

“PKK tidak bisa sendiri, peran serta OPD juga sinergi antara PKK dengan OPD di Bangka Tengah dibutuhkan dalam mendukung keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana ini,” jelasnya.

Sementara itu, Herry Erfian, menyampaikan apresiasi dan dukungan atas dilaunchingnya Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana. Menurutnya, gerakan ini dibutuhkan dalam mendukung dan mengedukasi masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi dan bencana.

“Kita berharap seluruh stakeholder baik dari Pemerintah Kabupaten juga PKK dari tingkat Kecamatan, Kelurahan sampai Desa untuk bisa menyosialisasikan Gerakan Keluarga Sehat ini,” kata Erfian.

“Dengan menyosialisasikan hal ini, masyarakat akan bisa mengerti hidup sehat dan hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi keadaan darurat atau bencana. Semoga ini membawa kita menjadi Provinsi dan Kabupaten yang sehat, tanggap dan tangguh terhadap bencana,” sambungnya.

Dihadiri oleh Kepala Dinsos-PMD Provinsi Kepulauan Babel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengandalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Babel, Perwakilan Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota, dan Perwakilan TP-PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Provinsi Kepulauan Babel.

Launching Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana ini meliputi 9 pilot project, yaitu :

  1. Peduli Stunting,
  2. Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),
  3. Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA),
  4. Siaga Kebakaran Lingkungan,
  5. Tanggap dan Tangguh Bencana Alam,
  6. Peduli Lingkungan,
  7. Menuju Keluarga Sehat Berkualitas,
  8. Menuju Keuangan Sehat,
  9. Mewujudkan Keluarga Sehat.*Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis : Prayogi J

Editor : Kumala Sari Dewi

Fotografer : Yudi HP