Home Berita Terkini Pengembangan Sentra Nelayan, Sugianto Sebut Sungai Berok Miliki Potensi Jadi Daya Ungkit Ekonomi Masyarakat

Pengembangan Sentra Nelayan, Sugianto Sebut Sungai Berok Miliki Potensi Jadi Daya Ungkit Ekonomi Masyarakat

240
0
SHARE
Pengembangan Sentra Nelayan, Sugianto Sebut Sungai Berok Miliki Potensi Jadi Daya Ungkit Ekonomi Masyarakat

Pangkalan Baru – Di Ruang Batu Bedaun III, Hotel Soll Marina, Kecamatan Pangkalan Baru, Jumat (26/11/2021), Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto M.Si., membuka kegiatan Pemaparan Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Studi Kelayakan (FS) Pada Muara Kuala Lokan Sungai Berok terkait Pengembangan Sentra Nelayan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si, dalam sambutannya mengatakan diperlukan perencanaan yang strategis dalam membangun Kabupaten Bangka Tengah karena mempunyai pesona alam serta potensi alam yang luar biasa.

“Upaya dalam pembangunan Bangka Tengah tersebut diwujudkan dengan dibentuknya beberapa rencana strategis yang tertuang di RPJMD dengan mengedepankan peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui ekonomi kerakyatan,” ucap Sugianto.

Disebutnya, rencana dan langkah strategis dalam suatu perencanaan dalam membangun tersebut tentu harus dilaksanakan pengkajian, baik dari sisi sosial-ekonomi, hukum, lingkungan dan sebagainya sehingga kajian-kajian ini dapat membuat perencanaan tersebut semakin lebih baik lagi.

“Pemaparan dan pengkajian dalam Penyusunan Dokumen Studi Kelayakan terkait Pengembangan Sentra Nelayan pada Muara Lokan Sungai Berok disertai dengan masukkan dan saran, akan membuat perencanaan lebih komprehensif,” tambahnya.

“Yakinlah, Bangka Tengah punya potensi luar biasa. Sungai Berok ini juga luar biasa dan akan menjadi daya ungkit dalam pertumbuhan ekonomi di Koba maupun di Bangka Tengah,” tutup Sugianto.

Senada dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Taufik, SP, MM, selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan pemaparan terkait Studi Kelayakan Pengembangan Sentra Nelayan sudah ketiga kalinya dilaksanakan.

Taufik mengharapkan dengan diadakannya Pemaparan Penyusunan Dokumen Studi Kelayakan (FS) ini, kedepannya Dokumen Studi Kelayakan ini semakin lebih baik lagi, detail dan sesuai dengan harapan serta keinginan masyarakat.

“Masukkan-masukkan serta pendapat dalam pemaparan sekaligus diskusi ini sangat diharapkan sehingga kita bisa mengetahui apa yang kita perlukan, koreksi dan tambah dalam penyusunan Dokumen Studi Kelayakan terkait Pengembangan Sentra Nelayan di Sungai Berok,” ucapnya.

Studi Kelayakan (FS) pada Muara Kuala Lokan Sungai Berok ini diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung serta dihadiri oleh Me Hoa, SH., MH., selaku Ketua DPRD Bangka Tengah, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ahmad Syarifullah Nizam, SE., M.AP, Plt. Kepala Bappelitbangda Bangka Tengah, Dr. Dian Akbarini, S.Si., M.Si, Perwakilan OPD Kabupaten Bangka Tengah, Perwakilan Kecamatan Koba, Perwakilan Lurah se-Kecamatan Koba, Kepala Desa Guntung, para Tokoh Masyarakat Kecamatan Koba, para Penyuluh Perikanan dan Nelayan.* (PYJ/WEE/Foto:YHP)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah