Home Berita Instansi dan Kementerian Penggunaan Bahasa Negara di Bangka Tengah, Ini Hasil Pemantauan Kantor Bahasa Babel

Penggunaan Bahasa Negara di Bangka Tengah, Ini Hasil Pemantauan Kantor Bahasa Babel

406
0
SHARE
Penggunaan Bahasa Negara di Bangka Tengah, Ini Hasil Pemantauan Kantor Bahasa Babel

Pangkalan Baru – Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengundang sejumlah perwakilan lembaga di Bangka Tengah untuk mengikuti sosialisasi hasil pemantauan penggunaan Bahasa Negara di Soll Marina Hotel, Pangkalan Baru, Selasa (24/05/2022). Selain organisasi perangkat daerah, sekolah negeri dan bidang kesehatan, diundang pula perwakilan pengusaha jasa pelayanan masyarakat seperti perhotelan dan rumah sakit swasta.

Muhammad Irsan selaku Kepala Kantor Bahasa Babel mengatakan bahwa dasar kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 sebagai landasan pembinaan bahasa yang bertujuan untuk memartabatkan Bahasa Negara.

“Kepala Badan Bahasa (RI-red) berinisiatif mulai tahun ini kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan Bahasa Negara, khususnya pada lembaga, akan dilakukan secara multi tahun. Hal ini dimaksudkan agar hasil pembinaan bahasa bisa mencapai hasil yang maksimal,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Irsan, pihaknya akan terus menerus melakukan pendampingan hingga 3 tahun ke depan kepada lembaga-lembaga yang menjadi mitra dan sudah menjadi lokasi penjaringan data.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pengutamaan Bahasa Negara pada lembaga yang kami susun menjadi beberapa tahapan. Ke depan, analisis data yang diperoleh akan disarankan masuk dalam tata naskah dinas sebagai masukan untuk berkomitmen menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujar Irsan.

“Muaranya, ke depan Kabupaten Bangka Tengah menjadi model penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Sebagai motivasi, akan diberikan penghargaan untuk lembaga yang telah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Dua bulan ke depan akan dievaluasi lagi. Ada perbaikan atau tidak. Baru ada nilai final,” tambahnya.

Membuka kegiatan secara resmi, Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Sugianto, mengatakan pentingnya pemahaman penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara baik bahasa resmi penulisan kedinasan, maupun bahasa publik ketika menyampaikan hal-hal lisan. Hal ini disebut Sugianto untuk menjadi perhatian setiap Lembaga, khususnya OPD di lingkungan Pemkab Bangka Tengah terkait pelayanan publik.

“Penggunaan Bahasa Indonesia harus diperhatikan di zona publik, termasuk penggunaan bahasa di bidang bisnis. Peran bahasa sangat penting maka penggunaan yang baik dan benar akan memartabatkan Bahasa Indonesia,” ujar Sugianto.

Sekda Bangka Tengah ini mengharapkan setiap peserta bisa mengikuti kegiatan dengan baik sehingga bisa diterapkan di lembaganya masing-masing. Hal ini disampaikan Sugianto sehubungan dengan tujuan sosialisasi ini yakni sebagai koreksi dan evaluasi atas pemantauan pihak Kantor Bahasa ke lembaga-lembaga pemerintah dan swasta di Bangka Tengah beberapa bulan silam.

“Setiap masukan yang diberikan oleh Kantor Bahasa harap ditindaklanjuti karena Anda adalah agen perubahan untuk menyiapkan aparatur. Harapannya bisa membuat surat dinas, tata naskah, atau SK (Surat Keputusan -red) dengan lebih baik. Tidak lagi copy paste karena sudah tidak relevan lagi tahun ke tahun,” himbaunya.

“Terima kasih kepada Kantor Bahasa. Kami berharap, dengan kegiatan ini bisa mewujudkan tercapainya standar pelayanan masyarakat yang lebih baik,” ujar Sugianto membuka acara.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Asti Pradiajayanti

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Asti Pradiajayanti