Home Berita Terkini Pengukuhan Pengurus Lembaga Adat Melayu Bateng 2021-2025, Wabup: Junjung Adat dan Martabat Melayu

Pengukuhan Pengurus Lembaga Adat Melayu Bateng 2021-2025, Wabup: Junjung Adat dan Martabat Melayu

787
0
SHARE
Pengukuhan Pengurus Lembaga Adat Melayu Bateng 2021-2025, Wabup: Junjung Adat dan Martabat Melayu

Koba - Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, S.T., resmi kukuhkan Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Bangka Tengah periode tahun 2021-2025 yang mengangkat tema "Ngangket Pukok Kayu Terendem di Aik Tumbek" yang digelar oleh Dinbudparpora Bangka Tengah di Gedung Serba Guna Bangka Tengah, Selasa (07/12/2021).

Erfian dalam sambutannya mengatakan bahwa amanah yang diemban sebagai pengurus Lembaga Adat Melayu Bangka Tengah mengandung makna dan konsekuensi bahwa kita hendaknya mampu menjunjung adat dan martabat Melayu di Bumi Selawang Segantang.

"Untuk itu, pengurus Lembaga Adat Melayu Bangka Tengah diminta pro aktif menggali dan menerapkan nilai-nilai yang terdapat pada masyarakat sehingga kearifan lokal yang akan dilaksanakan di Bangka Tengah senantiasa berasaskan tunjuk ajar Melayu," ujarnya.

Lebih lanjut, di Kabupaten Bangka Tengah terdapat berbagai suku dan agama sehingga keberadaan Lembaga Adat Melayu Bangka Tengah disebut Erfian harus dapat menjadi tali pengikat dan payung pemersatu serta dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran dan ide-ide, serta nasehat dalam rangka mendukung proses pembangunan di Kabupaten Bangka Tengah.

“Mari bersama-sama seluruh paguyuban-paguyuban lainnya berada dalam satu payung adat Melayu Kabupaten Bangka Tengah. Di sini Lembaga Adat Melayu Bangka Tengah harus menunjukkan jati diri sebagai lembaga yang mampu menjawab dan menjernihkan seluruh persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat,” harap Erfian.

Erfian juga berharap kepada segenap jajaran pengurus yang telah dikukuhkan untuk mampu bekerja sesuai program yang akan disusun dengan penuh tanggung jawab, serta siap menjadi contoh dan suri tauladan bagi masyarakat tentang adat dan budaya Melayu khususnya di Kabupaten Bangka Tengah.

Yang turut hadir dalam acara adalah perwakilan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bangka Tengah, Sekretaris LAM Negeri Serumpun Sebalai Babel, Ketua LAM Bangka Tengah, perwakilan DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah, Komandan Kodim 0413 Bangka, perwakilan Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, perwakilan Pengadilan Negeri Koba, perwakilan Kementerian Agama Bangka Tengah, para Asisten, Staff Ahli, dan Kepala OPD Kabupaten Bangka Tengah, serta para Datuk/Datin Lembaga Adat Melayu Bangka Tengah.* (QRY/APJ/Foto: IAN)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah