Home PKK Penuhi Gizi Anak, Pemkab Bangka Tengah Bersama TPP PKK Sosialisasikan B2SA

Penuhi Gizi Anak, Pemkab Bangka Tengah Bersama TPP PKK Sosialisasikan B2SA

323
0
SHARE
Penuhi Gizi Anak, Pemkab Bangka Tengah Bersama TPP PKK Sosialisasikan B2SA

NAMANG - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar kembali Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) tentang bahan pangan dengan konsep Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Kali ini acara dilaksanakan di Pos PAUD Kasih Ibu, Desa Belilik, Kecamatan Namang, Jumat (16/06/2023).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Dian Akbarini, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa KIE-B2SA sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan anak-anak untuk menunjang perkembangan, kompetensi, dan kecerdasan anak-anak di masa yang akan datang.

"Edukasi ini kami tujukan kepada ibu-ibu karena menjadi tantangan buat ibu-ibu untuk bisa menyediakan makanan yang beragam, sehat, bergizi dan seimbang untuk dikonsumsi oleh anak-anak,” ungkap Dian.

Sementara itu, Eva Algafry, selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah sekaligus Bunda PAUD Bangka Tengah, memberikan berbagai pengarahan. Menurutnya, untuk menyukai sayuran dan buah memang harus dimulai dari usia dini.

“Cara mengajak anak-anak untuk makan sayuran memang tidak mudah, jadi harus dimulai sejak kecil. Salah satunya adalah dengan mengenalkan anak-anak dengan buku mengenai makanan,” terang Eva.

Menurut Bunda PAUD Bangka Tengah ini, membacakan buku untuk anak mengenai makanan, buah-buahan, dan sayuran, akan membuat orang tua terbantu untuk memberikan pemahaman kepada anak.

“Selain itu juga melalui perilaku yang dicontohkan oleh orang tuanya di rumah setiap hari. Setiap masakan yang dimasak oleh ibu-ibu itu pasti akan sangat berpengaruh ke anak. Jika orang tua tidak mau memasak yang beragam dan bergizi, tidak mau makan sayur, maka anak pun makan sesuai dengan yang dimasak oleh ibunya itu (kurang bergizi),” tambahnya.

Eva pada kesempatan ini juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Desa Belilik, para kader PKK, ibu-ibu Kelompok Wanita Tani, dan para Bunda PAUD yang sudah memeriahkan kegiatan hari ini.

Seperti di kegiatan sebelumnya, Eva Algafry juga menitip pesan kepada orang tua untuk memperhatikan tumbuh kembang anak, yakni pada 6 aspek perkembangan anak usia dini, diantaranya pengenalan agama, sensorik, motorik, kognitif, etika, dan interaksi sosial.

“Sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), saat ini tidak ada lagi tes calistung sebagai syarat penerimaan siswa baru. Jadi ibu tidak usah khawatir soal itu, mari fokus pada gizi anak dan 6 aspek perkembangan tadi, ya,” pesannya.

Saat ditemui, Fitri (30 Tahun), salah satu orang tua yang anaknya bersekolah di Pos PAUD Kasih Ibu Belilik mengatakan sangat antusias dan mendukung diadakannya kegiatan seperti ini

"Saya sebagai orang tua sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena dengan kegiatan seperti ini dapat membuat anak-anak akan lebih bersemangat lagi untuk sekolah. Selain itu juga kami sebagai orang tua juga mendapatkan edukasi. Saya berharap kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan,”ucapnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penanaman sayuran bersama antara anak-anak Pos PAUD dengan Bunda PAUD Bangka Tengah, Eva Algafry, dilanjutkan dengan lomba mewarnai untuk memeriahkan acara.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Qori Ulfi A./ Asti P.

Editor: Asti P.

Fotografer: Redoh Soniman