Home Daerah Penyaluran Sembako Subsidi Rampung, Bukti Pemkab Bangka Tengah Ringankan Ekonomi Warga

Penyaluran Sembako Subsidi Rampung, Bukti Pemkab Bangka Tengah Ringankan Ekonomi Warga

293
0
SHARE
Penyaluran Sembako Subsidi Rampung, Bukti Pemkab Bangka Tengah Ringankan Ekonomi Warga

BANGKA TENGAH - Di tengah meroketnya harga bahan pokok di pasaran, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi-UKM (Disperindagkop-UKM) terus memberikan bantuan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga murah.

Salah satu program yang dijalankan adalah Operasi Pasar Murah yang telah memasuki tahap ke-3. Pembagian paket sembako murah bersubsidi ini telah disebarkan ke seluruh kecamatan yang ada di Bangka Tengah.

Pada Jumat (22/12/2023), masyarakat di Kecamatan Pangkalanbaru berkesempatan menerima paket sembako murah yang diberikan langsung oleh Bupati Bateng, Algafry Rahman.

"Alhamdulillah ini kali ketiga Pemkab Bateng menggelar pasar murah. Kita bagikan ke seluruh warga Bangka Tengah khususnya masyarakat ekonomi lemah karena saat ini memang bahan pokok harganya sedang melonjak," kata Algafry saat ditemui.

Algafry yang hadir didampingi Kepala Disperindagkop-UKM, Ali Imron, mengunjungi beberapa Kantor Desa di Kecamatan Pangkalanbaru untuk membagikan paket sembako murah kepada masyarakat.

"Tadi kita ke Desa Benteng, lalu ke Desa Kebintik, setelah itu kita mengunjungi Desa Jeruk, dan terakhir ke Desa Beluluk, untuk membagikan paket sembako murah ini," ujarnya.

Dikatakan Bupati, paket sembako murah memang menyasar pada masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk diberikan subsidi pembelian bahan pokok berupa 10 kg beras premium, 2 liter minyak goreng, dan 2 kg gula pasir.

"Kalau kita hitung di pasaran total harga paket itu sekitar 225 ribu rupiah. Tapi dengan program ini, masyarakat cukup bayar 107 ribu rupiah saja dan sisanya disubsidi dari pemerintah," ucap Algafry.

Salah satu warga Desa Beluluk, Suli, mengaku sangat terbantu dengan adanya program sembako murah.

"Terima kasih untuk pemerintah, kami masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya karena bisa membeli bahan pokok dengan setengah harga saja," tutur wanita 53 tahun ini.

Kepala Disperindagkop-UKM Bateng, Ali Imron menyebutkan bahwa program Operasi Pasar Murah dengan pola paket sembako murah bersubsidi ini telah dirampungkan.

"Alhamdulillah semua paket sembako murah tahap ke-3 pada hari ini telah selesai dibagikan ke seluruh masyarakat Bangka Tengah yang memang layak menerima bantuan ini. Total 5.440 paket sudah kita bagikan sejak Rabu lalu di semua kecamatan," ungkap Ali.

Ia berharap program dari Pemkab Bateng ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat saat harga bahan pokok mengalami kenaikan di pasaran.

Tak hanya di Pangkalanbaru, pada hari yang sama, Bupati menyempatkan hadir di Kantor Desa Kayu Besi, Kecamatan Namang untuk membagikan paket sembako murah.

Selain membagikan paket sembako murah, Algafry yang didampingi Camat Namang juga menyerahkan dana hibah sebesar 150 juta rupiah kepada Pemerintah Desa Kayu Besi untuk pembelian mobil ambulans pengangkut jenazah, serta membagikan makanan tambahan kepada anak-anak.

"Semoga bantuan ambulan pengangkut jenazah ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, dan tadi juga ada bantuan pemberian makanan tambahan seperti susu kepada anak-anak sebagai langkah kita untuk mencegah stunting," harap Bupati Bateng ini.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Prayogi Januardi