Home Berita Terkini Penyerahan Bantuan Sarana Peralatan Bagi Pencari Kerja di Bateng

Penyerahan Bantuan Sarana Peralatan Bagi Pencari Kerja di Bateng

1,087
0
SHARE
Penyerahan Bantuan Sarana Peralatan Bagi Pencari Kerja di Bateng

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Kabupaten Bateng menyerahkan bantuan peralatan usaha kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Koba bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kantor Kecamatan Koba, Kamis (02/07/2020).

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri dan diserahkan langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM. Didampingi Camat Koba Ahmad Muslimin dan Kepala DPMPPTK Bateng Hj. Kartina, SH., M, Si.

Dalam sambutannya, Ibnu Saleh mengatakan bahwa tidak cukup hanya bermodal ilmu dan pengetahuan saja karena kalau tidak dipraktikkan ilmu itu akan hilang.

"Maka itu kami bantu peralatan dan pelatihan kepada masyarakat jadi masyarakat bisa menjadi pengusaha bukan hanya tukang, kalau bisa terus berkembang dan bisa mempekerjakan orang-orang,” ujar Ibnu.

Ia juga mengharapkan adanya pembinaan dari penyuluh-penyuluh yang ada di dinas bisa mendampingi masyarakat karena tanpa pendampingan, masyarakat akan lambat berkembang. Berbeda halnya jika ada pendampingan, penyuluh bisa memonitor perkembangan masyarakat. Ibnu Saleh juga mengatakan Pemerintah Daerah akan memberikan kemudahan kecepatan untuk perizinan usaha, pastinya dengan mekanisme-mekanisme yang ada.

Sementara itu, Hj. Kartina, SH., M.Si., mengatakan akan mengarahkan masyarakat yang mendapat bantuan peralatan usaha untuk mengurus izin UMKMnya.

"Izin ini ada di DPMPPTK dan bisa diakses dengan cara yang sangat mudah, yaitu melalui sistem OLS (Online Single Submission), syaratnya juga mudah yakni memiliki email dan KTP. Untuk NPWP belum diwajibkan kecuali untuk usaha yang sudah lama dan sudah berkembang. Setelah mendapat izin baru kita bantu permodalannya dengan mengandeng dinas terkait,” pungkasnya.

Penerima bantuan ini terdiri dari 8 kelompok UMKM yang ada di kecamatan Koba. Adapun bantuan yang diserahkan antara lain peralatan las Listrik (trafo las, kawat las, palu las dan sikat las), peralatan desain grafis (komputer PC, printer, meja kerja), peralatan salon (cliper, kursi salon, gunting rambut, clemek, kain kep, kaca, box).* (RIS/WEE/Foto: RIN)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah