Home Berita Terkini Percepat Penanganan Vaksinasi, Dinkes Bangka Tengah Gelar Rapat Strategi Promosi Lintas Sektor

Percepat Penanganan Vaksinasi, Dinkes Bangka Tengah Gelar Rapat Strategi Promosi Lintas Sektor

1,124
0
SHARE
Percepat Penanganan Vaksinasi, Dinkes Bangka Tengah Gelar Rapat Strategi Promosi Lintas Sektor

Pangkalan Baru - Rapat Strategi Promosi dalam Rangka Percepatan Penanganan Kegiatan Vaksinasi digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah di Soll Marina Hotel, Jumat (10/09/2021).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si yang mengatakan bahwa rapat ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil rapat terakhir dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bangka Tengah.

"Menyingkapi hasil rapat terakhir dengan gugus tugas yang dipimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah serta jajaran vertikal TNI dan Kepolisian, diputuskan SK percepatan untuk vaksinasi agar segera dilaksanakan," ucapnya.

Sugianto juga menyampaikan bahwa untuk mencapai target percepatan vaksinasi, diharapkan seluruh stakeholder untuk bergerak bersama-sama menyosialisasikan dan melakukan percepatan promosi vaksinasi kepada masyarakat sekaligus selalu mengingatkan masyarakat terkait protokol kesehatan minimal untuk memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

"Saat ini vaksinasi tidak hanya untuk lansia, tetapi sudah bisa untuk usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil pun sudah bisa melakukan vaksinasi," tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Zaitun S.Si. Apt, MPH., juga mengatakan bahwa vaksinasi di Bangka Tengah sudah bisa digunakan untuk ibu hamil, ibu menyusui, hipertensi, autoimun dan penderita penyakit komorbid tapi dengan nilai-nilai yang diperbolehkan untuk divaksin. Selain itu, Bangka Tengah saat ini sudah ada 3 jenis vaksin yang digunakan yakni vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna.

"Perlu kita sampaikan kepada masyarakat bahwa vaksin ini Insyaallah aman dan halal karena vaksin ini sebelum disampaikan kemasyarakat sudah terlebih dahulu dilakukan uji klinis, sudah diakui oleh MUI dan sudah dikeluarkan Fatwanya," jelas Zaitun.

Dalam rapat tersebut juga dilakukan paparan strategi percepatan promosi vaksinasi oleh Kabid Kesehatan Masyarakat, Zulyan, S.KM., M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah.

Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Bagian Kesra, Camat se-Kabupaten Bangka Tengah, Pengelola Promosi Kesehatan Puskesmas, Penyuluh Pertanian Kecamatan, Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Kecamatan, Forum Selawang Segantang Kabupaten Bangka Tengah dan para Kepala Bidang dan para Kasi serta pengelola program KIA dan Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah. *(ISD/MRT/APJ/Foto: ISD)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah