Home Berita Terkini Peresmian TPI dan Kios Maritim Batu Belubang, Tingkatkan Hasil Perikanan Bangka Tengah

Peresmian TPI dan Kios Maritim Batu Belubang, Tingkatkan Hasil Perikanan Bangka Tengah

152
0
SHARE
Peresmian TPI dan Kios Maritim Batu Belubang, Tingkatkan Hasil Perikanan Bangka Tengah

Pangkalan Baru - Dinas Perikanan (Diperkan) Bangka Tengah resmikan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) dan Kios Maritim di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Jumat (14/08/2020).

Kepala Diperkan, Taufik, S.P., MM., mewakili Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., menyampaikan bahwa Pemkab Bangka Tengah terus memberikan dukungan nyata kepada pelaku usaha perikanan melalui berbagai program dan kegiatan dengan biaya APBD, APBDes, APBD I, APBN, bahkan CSR.

"Dibangunnya TPI sekaligus Kios Maritim ini diharapkan masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan Tanda Daftar Kapal, SPB (Surat Persetujuan Berlayar), SLO (Sertifikat Laik Operasi), SiDolphin, informasi harga ikan, cuaca dan data pasang surut. Semoga kegiatan perikanan berjalan lancar untuk banyak pihak," ujar Taufik.

Sementara itu, testimoni dari pelaku usaha perikanan diwakili oleh Yuniati dari Pohlasar Maju Bersama menyatakan ucapan terima kasihnya atas pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Diperkan selama ini.

"Alhamdulillah selama ini kami sudah bertahan 5 tahun, bahkan di masa pandemi ini. Meskipun sempat ada penurunan pendapatan hingga 80% namun dengan adanya momen lebaran kemarin, kami bisa mencapai setengahnya. Hal ini tak lepas dari peran Dinas Perikanan dengan penyuluhnya yang luar biasa, membimbing kami hingga ke pemasarannya," kata Yuniati.

Pada kesempatan ini diberikan juga sejumlah bantuan kepada nelayan, antara lain bantuan sarana pengolahan hasil perikanan, bantuan sarana pemasaran hasil perikanan, excavator dan alat tangkap ikan. Excavator yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI  diterima oleh Koperasi Perikanan Tanjung Sejahtera sedangkan bantuan dari alokasi APBD yakni alat tangkap ikan (jaring monofilamen) diterima oleh KUB Mesu Laut Jaya dan KUB Sinar Laut. Alat pengolahan hasil perikanan diberikan kepada Pohlasar FJD, SB Monjang, Haskur, Benteng Jaya dan Maju Bersama. Sedangkan untuk alat pemasaran diberikan kepada  Tatang, Zalek, Basri, Rosdiana dan Afat.

Hadir dalam acara ini Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI yang diwakili oleh Direktorat Kawasan dan Kesehatan Ikan, perwakilan PSDKP Pangkalbalam, Camat Pangkalan Baru, Kades Batu Belubang, serta para penggiat Pohlasar, nelayan dan para penyuluh perikanan.* (APJ/WEE/Foto:MRT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah