Home Berita Instansi dan Kementerian Peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Bangka Tengah Berlangsung Meriah

Peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Bangka Tengah Berlangsung Meriah

203
0
SHARE
Peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Bangka Tengah Berlangsung Meriah

KOBA - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Bangka Tengah berlangsung meriah. Terbukti, seluruh perwakilan PAUD/TK, SD, SMP/sederajat, SMA/sederajat se-Kecamatan Koba hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, Kamis (01/12/2022).

Acara yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) ini mengangkat tema Generasi Bangka Tengah, Generasi Berakhlakuk Karimah. Acara ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Pletok Kreasi dan Solo Vocal dari Forum Genre, dibacakan pula Ikrar Anak Bangka Tengah oleh Forum Anak dan Forum Genre Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam sambutan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan bahwa anak adalah titipan dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus dijaga dengan rasa tanggung jawab.  Kedepannya, perayaan HAN bisa dijadikan momentum evaluasi tentang bagaimana sebenarnya orang tua telah mendidik anak, memberikan perhatian kepada anak.

“Harapan ke depan, tentu anak-anak kita ini menjadi anak-anak yang berakhlakuk karimah, yang tahu sopan santun, yang tahu adab kepada orang yang lebih tua. Nah, ini yang harus kita asah supaya kedepannya anak-anak ini betul-betul memahami konsep yang diberikan oleh negara, bahwa sebenarnya anak menjadi harapan tumpuan masa depan," kata Algafry.

Disebutnya, pemerintah daerah juga sudah berusaha untuk membuat kegiatan-kegiatan yang bisa menstimulasi anak-anak dengan baik. Pemkab Bangka Tengah tetap memprioritaskan pembangunan spirit anak-anak karena terkait moral bangsa yang perlu ditegakkan.

"Insyaallah di tahun 2023 kami ingin berkolaborasi dengan semua OPD untuk mengangkat Hari Anak Nasional ini menjadi hari yang sangat luar biasa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah,” harap Algafry.

Algafry juga berpesan pada anak-anak semua untuk menjadi anak yang cerdas, ceria, sehat, berkarakter unggul serta berakhlak mulia dan tentunya terbebas dari kekerasan.

“Jadilah kalian generasi yang berprestasi, berkreasi, dan berinovasi sesuai dengan bakat dan minat kalian. Manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan kegiatan positif dan jauhi hal-hal negatif yang bisa membuat masa depan kalian hancur. Jadilah generasi yang unggul, bermanfaat, serta berakhlakul karimah, jaga kesehatan, hormati para pemimpin, guru, orang tua, atau orang yang lebih tua dari kalian,” pesan Algafry.

Di acara ini diserahkan pula sertifikat Sekolah Ramah Anak kepada SMP Negeri 1 Koba yang menjadi sekolah satu-satunya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi Sekolah Ramah Anak.

Seperti tak ingin kehilangan momentum Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten, hadir juga dalam acara ini Kapolres Bangka Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Koba, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Kepala Dinas DPPKABPPPA Bangka Tengah, Bunda PAUD Bangka Tengah, Ketua DWP Bangka Tengah, perwakilan Kepala OPD Bangka Tengah, anggota Forum Anak dan Forum Genre Bangka Tengah, serta menghadirkan Pendongeng Nasional yakni Ketua Kampung Dongeng Cilegon, Ihan Imtihan, S.Pd.I., M.Pd. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Qori Ulfi Alawiyah

Editor: Asti P.

Fotografer: Deanty N.