Home Penghargaan Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tingkat Provinsi Babel, Bangka Tengah Borong 5 Penghargaan

Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tingkat Provinsi Babel, Bangka Tengah Borong 5 Penghargaan

281
0
SHARE
Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tingkat Provinsi Babel, Bangka Tengah Borong 5 Penghargaan

PANGKALPINANG – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) hadir di tengah kegiatan Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang bertempat di Ballroom Grand Puncak Lestari Hotel, Pangkalpinang, Rabu (13/12/2023).

Mengusung tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju, kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, serta untuk meningkatkan peran dan partisipasi perempuan Indonesia dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safriati Safrizal, mengatakan peringatan ini dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, khususnya generasi muda akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan.

“Peringatan ini juga tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa, untuk itu perlu mewarisi semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan nasional,” ucap Safriati.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan dalam 6 kategori yang telah dinilai. Diantara 6 kategori tersebut, Kabupaten Bangka Tengah berhasil memenangkan 5 kategori, yakni:

1. Juara III Perempuan Anggota BPD/LPM Berperan Aktif dan Berprestasi, diraih oleh Ibu Sri Kartika.

2. Juara I Perempuan Kepala Sekolah/Madrasah Peduli Perlindungn Perempuan dan Anak, diraih oleh Ibu Tia Lestari.

3. Juara I Perempuan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Peduli Stunting dan Penyakit Sosial Lainnya, diraih oleh Ibu Eva Algafry.

4. Juara I Kinerja Perangkat Daerah Kabupaten/Kota Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam Mendukung Program Bangga Kencana Tingkat Provinsi Kepuluan Bangka Belitung Tahun 2023, diraih oleh DPPKBP3A Kabupaten Bangka Tengah.

5. Juara II Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Jalur Pendidikan Tingkat Provinsi Kepuluan Bangka Belitung Tahun 2023, diraih oleh MA Al-Muhajirin Kabupaten Bangka Tengah.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian Kabupaten Bangka Tengah.

“Alhamdulillah, kami diberikan kepercayaan untuk mendapatkan penghargaan. Terima kasih kepada DPPKBP3A Bateng yang telah memberikan kesempatan dan mendukung kami untuk bisa mengikuti lomba kategori Perempuan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Peduli Stunting dan Penyakit Sosial Lainnya,” kata Eva.

Melalui peringatan hari ibu ini, Ia juga menyampaikan harapannya agar para perempuan bisa terus mengembangkan perannya dan memberikan kontribusi di semua bidang kehidupan.

“Kita sebagai perempuan harus bisa lebih dalam memberi kontribusi positif terutama untuk keluarga, bangsa dan negara, serta harus bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman. Mari tingkatkan semangat, perempuan Indonesia hebat dan tangguh,” tutur Eva.

Sementara itu, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Bangka Tengah, Dede Lina Lindayanti mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kerja sama dan sinergi yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan masyarakat.

“Alhamdulillah, di momen Hari Ibu ke-95. Bangka Tengah hari ini menerima beberapa penghargaan, tentunya ini berkat dukungan dan kontribusi seluruh elemen masyarakat,’’ ujar Dede.

Ia juga berpesan dan memberikan motivasi kepada perempuan hebat di Bangka Tengah.

“Ayo, kita sebagai perempuan terus tingkatkan potensi-potensi, jangan sampai kita serba ketergantungan, jadi kita harus berdaya untuk mengembangkan atau meningkatkan peran kita dalam keluarga, masyarakat dan organisasi,” pesan Dede.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Bateng, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kep. Babel, Forkopimda Provinsi Kep. Babel, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kep. Babel, perwakilan Bupati/Walikota se-Provinsi Kep. Babel, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala OPD Provinsi Kep. Babel, para Ketua Organisasi Perempuan Tingkat Provinsi Kep. Babel, Bunda Literasi Provinsi Kep. Babel, dan para penerima penghargaan.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Deanty N

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Deanty N/Prayogi J