Home Berita Instansi dan Kementerian Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Bateng Ingatkan Ideologi Pancasila Sebagai Pondasi Kehidupan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Bateng Ingatkan Ideologi Pancasila Sebagai Pondasi Kehidupan

495
0
SHARE
Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Bateng Ingatkan Ideologi Pancasila Sebagai Pondasi Kehidupan

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2023. Upacara yang diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bangka Tengah ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Senin (02/10/2023).

Upacara yang diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI ini dipimpin langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam rangkaian upacara, Batianus, selaku Wakil Ketua I DPRD Bateng membacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana dilansir Kemendikbudristek.

Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 adalah Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju, dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya.

Ditemui usai pelaksanaan upacara, Algafry mengatakan betapa pentingnya Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

"Nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila ini merupakan sebuah dasar penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tenggang rasa dan gotong royong harus dapat lebih kita jiwai bersama dalam kehidupan sehari-hari," ujar Algafry.

Dirinya pun berharap, masyarakat tetap memegang teguh Pancasila sebagai dasar kehidupan.

"Dalam perwujudan sebuah lingkungan masyarakat yang rukun, mudah-mudahan dengan berpegang teguh pada Pancasila, masyarakat dapat selalu hidup dengan rukun, damai, sejahtera, dan bahagia," pungkasnya.

Pada akhir upacara ini, dilaksanakan pula pemberian SK Kenaikan Pangkat kepada 19 orang ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Redoh Soniman/Prayogi Januardi