Home Berita Instansi dan Kementerian Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Bangka Tengah Gelar Vaksinasi Gratis

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Bangka Tengah Gelar Vaksinasi Gratis

346
0
SHARE
Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Bangka Tengah Gelar Vaksinasi Gratis

Lubuk Besar – Bertempat di kediaman Liong Tet Choi (Achoi) Desa Trubus, Kecamatan Lubuk Besar, puluhan hewan peliharaan berupa anjing mendapatkan suntikan vaksin rabies gratis, Jumat (29/09/2023). Vaksinasi ini digelar menyambut Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September 2023.

Ketika vaksinasi digelar, antusiasme warga untuk datang memvaksinkan peliharaannya tergolong tinggi. Terbukti banyak pemilik anjing membawa hewan peliharaannya meski mereka belum sempat mendaftar.

Pada proses awal, petugas kesehatan memeriksa setiap anjing yang dibawa oleh pemiliknya. Anjing yang sehat bakal divaksin langsung di lokasi. Hal ini memang menjadi salah satu syarat yakni hewan yang boleh divaksin adalah hewan yang sehat dan usia hewan di atas 4 bulan.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang turut hadir menyaksikan kegiatan ini mengatakan bahwa untuk Desa Trubus pihaknya menargetkan 70 anjing akan mendapatkan vaksin hari ini.

"Hari ini target kita ada 70 anjing yang akan divaksin. Apabila ada yang tidak datang, kami sudah sepakat untuk door to door ke rumah warga untuk memberikan vaksin pada anjing peliharaannya," jelas Algafry.

Algafry juga mengatakan bahwa ini memang tugas Pemerintah Daerah untuk membantu dan mencegah supaya penyakit rabies tidak menyebar kemana-mana.

"Tujuan kami memang menjaga agar Kabupaten Bangka Tengah terhindar dari risiko virus rabies, termasuk untuk meningkatkan kesadaran para pemilik peliharaan," sambung Algafry.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bangka Tengah, Dian Akbarini, menambahkan bahwa sejauh ini belum ada laporan kasus rabies di Kabupaten Bangka Tengah.

"Upaya vaksinasi digencarkan untuk meminimalisir risiko penyakit tersebut, utamanya pada manusia, karena lebih baik mencegah daripada mengobati," jelasnya.

Dilanjutkan Dian, bahwa hari ini adalah vaksin launching di Kabupaten Bangka Tengah yang bertepatan dengan Hari Rabies Sedunia. Selanjutnya kegiatan vaksinasi rabies tersebut akan dilaksanakan juga ke desa-desa lainnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah
 

Penulis: Ristin

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Redoh Soniman