Home Berita Instansi dan Kementerian Persiapkan Pemilih Pemula Menuju Pemilu Berkualitas, Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Persiapkan Pemilih Pemula Menuju Pemilu Berkualitas, Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

618
0
SHARE
Persiapkan Pemilih Pemula Menuju Pemilu Berkualitas, Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar kegiatan sosialisasi mengenai Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula. Kegiatan yang menyasar para pemuda dan pelajar ini diadakan di Gedung Diklat BKPSDMD, Selasa (14/11/2023).

Demi menciptakan para pemilih yang cerdas menuju pemilu berkualitas pada pemilihan umum tahun 2024 di Kabupaten Bangka Tengah, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh sebanyak 100 orang peserta pemilih pemula, yakni dari pelajar SMA, SMK, MA se-Kecamatan Koba serta Organisasi Kepemudaan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia).

Pada kesempatan ini, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman turut hadir membuka acara serta memberikan sambutan. Dirinya menyampaikan pesan mengenai pentingnya ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

"Pemilihan umum itu dapat dikatakan berhasil jika masyarakatnya aktif dan berbondong-bondong datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), lalu menggunakan hak pilihnya dengan tepat," ungkap Bupati.

Algafry juga mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bakesbangpol ini.

"Dengan memberikan wawasan dan edukasi kepada para pemilih pemula agar mereka cerdas dalam memilih, saya rasa sudah tepat. Bekerja sama dengan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) dan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Bangka Tengah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam hal ini pemilih pemula, agar informasi yang diberikan oleh narasumber nanti dapat diterapkan di masyarakat mengenai proses demokrasi agar tidak terjadi kesalahan pada saat pemilihan nantinya," jelas Algafry.

Kepala Badan Kesbangpol Bangka Tengah, Samsul komar, mengatakan jika kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Kecamatan Koba saja.

"Kegiatan ini akan kita adakan juga pada seluruh kecamatan yang ada di Bangka Tengah khususnya anak-anak sekolah yang masuk kategori pemilih pemula, karena melihat potensinya yang banyak saat ini, dan juga sebagian akan kita undang dari organisasi kepemudaan," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan kegiatan ini bertujuan agar pemilih pemula dapat memahami betul dalam memilih calon-calon wakil rakyatnya yang layak menurut mereka.

Narasumber yang dihadirkan dalam acara ini adalah Sabpri Aryanto, S.Pd., selaku Anggota KPU Kabupaten Bangka Tengah Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM serta Robianto, S.E, M.H., selaku Koordinator Daerah Akademi Pemilu dan Demokrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman