Home PKK PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Seksual

PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Seksual

216
0
SHARE
PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Seksual

PANGKALAN BARU - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Eva Algafry membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Gerakan Keluarga dalam Rangka Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual.

Sosialisasi yang diselenggarakan di Hotel Soll Marina, Kecamatan Pangkalan Baru, pada Selasa (06/09/2022) ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri atas Ketua Pokja I TP-PKK Kecamatan se-Bateng, Kader Pola Asuk Anak dan Remaja (PAAR) Desa Kulur, Kelurahan Padang Mulia, Desa Jelutung, Desa Air Mesu, Desa Celuak, Desa Keretak Atas, serta perwakilan siswa dan guru SMP dan SMA Negeri se-Bangka Tengah.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini, Dosen Prodi Psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu Kurniawan, M. Psi., dan Dosen Universitas Bangka Belitung, H.M Kurnia LC. MA.

Saat ditemui, Eva Algafry menyatakan harapannya agar kegiatan ini memberikan wawasan kepada para peserta, khususnya para siswa, agar memahami dan dapat waspada terhadap kekerasan seksual pada anak dan remaja.

"Kita berharap kegiatan ini memberikan manfaat karena sekarang isu kekerasan seksual pada anak ini sudah sering terjadi. Ini bukan masalah yang biasa karena ada jiwa orang yang tersakiti. Semoga siswa-siswa yang menjadi peserta mendapatkan pengetahuan dan dapat terhindar dari potensi kekerasan seksual," ujar Eva.

Ia juga menjelaskan bahwa narasumber yang hadir merupakan orang yang kompeten di bidangnya sehingga dapat menguatkan anak-anak dari sisi psikologis dan sisi rohaninya.

"Narasumber kita juga bisa dibilang lengkap, ya, karena yang hadir adalah seorang psikolog dan seorang ustadz. Jadi dari sisi agamanya insyaallah dikuatkan dan psikologisnya juga bisa berperan dengan baik," lanjutnya.

Sementara itu salah satu narasumber kegiatan, Wahyu Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengurangi angka kekerasan seksual pada anak.

"Pertama-tama saya ucapkan terima kasih banyak kepada TP-PKK Bangka Tengah yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu cara mengantisipasi kekerasan seksual pada anak," ujar Wahyu.

"Saya juga dalam penyampaian materi memberikan kisi-kisi terkait ciri anak yang mengalami kekerasan seksual, kemudian edukasi tentang bagaimana kecenderungan ciri-ciri para pelaku, kemudian bagaimana menangani korban yang sudah terlanjur jauh mengalami trauma. Semoga ini bisa bermanfaat bagi peserta dan menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar dari kejahatan seksual anak," lanjutnya.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Kepala DPPKBP3A Bangka Tengah dan Kabid PMD dari Dinsos-PMD Bangka Tengah.* Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti P

Fotografer: Prayogi Januardi