Home Berita Terkini Pohlasar se Bangka Tengah Ikuti Pembinaan dan Pelatihan Usaha Pengolahan Hasil Perikanan

Pohlasar se Bangka Tengah Ikuti Pembinaan dan Pelatihan Usaha Pengolahan Hasil Perikanan

108
0
SHARE
Pohlasar se Bangka Tengah Ikuti Pembinaan dan Pelatihan Usaha Pengolahan Hasil Perikanan

Koba – Kegiatan pembinaan dan pelatihan usaha pengolahan hasil perikanan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) disambut antusiasme para peserta yang bertempat di Gedung Diklat BKPSDMD, Rabu (18/03/2020).

Peserta kegiatan pembinaan dan pengolahan hasil perikanan ini diikuti oleh Pohlasar (Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan) sejumlah 50 orang dengan tema “Kita Wujudkan Produk Olahan yang Unggul dan Berdaya Saing”, dilaksanakan selama 1 hari.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Taufik, SP, MM., selaku pembuka acara, dalam sambutannya memaparkan ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan olahan yang bergizi dan sehat. Kegiatan pembinaan dan pelatihan usaha pengolahan hasil perikanan ini merupakan agenda tahunan. Hal ini diharapkan bisa menjadi sarana komunikasi dalam peningkatan kemampuan dan produktivitas usaha Pohlasar di Bateng.

“Adanya kegiatan ini dimaksudkan agar menjadi salah satu sarana atau fasilitas informasi terkait peningkatan mutu dan kualitas usaha pengolahan hasil kelautan dan perikanan,” papar Taufik.

Ia menambahkan Bateng merupakan wilayah yang dikelilingi perairan yang kaya akan hasil laut, sehingga mudah bagi masyarakat untuk mengonsumsi ikan laut maupun ikan air tawar. Berdasarkan hal ini tidak sulit untuk memastikan gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN), “Ayo Makan Ikan”.

Adapun narasumber yang mengisi kegiatan pembinaan dan pengolahan hasil perikanan ini berasal dari LPUMKP (Lembaga Permodalan Usaha Kementerian Kelautan dan Perikanan) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Babel, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bandar Lampung, serta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan pembinaan dan pengolahan ini dilaksanakan dengan dua cara yakni pemaparan materi serta praktik langsung pengolahan ikan lele asap dan burger udang oleh narasumber Galih Anugrah Firman Arif, M.Tr.Pi. Hal ini diharapkan para Pohlasar bisa memunculkan inovasi baru terkait olahan ikan baik ikan laut maupun ikan tawar dan bisa mengembangkan produk yang selama ini sudah dibuat.* (WEE/WKN/Foto: WEE)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah