Home PKK Produk Olahan Bunga Telang Hasil UP2K dan Hatinya PKK Desa Kebintik, Eva Algafry: Ini Potensi Luar Biasa!

Produk Olahan Bunga Telang Hasil UP2K dan Hatinya PKK Desa Kebintik, Eva Algafry: Ini Potensi Luar Biasa!

488
0
SHARE
Produk Olahan Bunga Telang Hasil UP2K dan Hatinya PKK Desa Kebintik, Eva Algafry: Ini Potensi Luar Biasa!

PANGKALAN BARU – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bangka Tengah (Bateng), drg. Eva Algafry, melakukan kunjungan Pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK serta Hatinya PKK di Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (09/06/2022).

Tampak Ketua TP-PKK Bateng didampingi Wakil Ketua II TP-PKK, Elshinta Sugianto dan Ketua TP-PKK Kecamatan Pangkalan Baru, Aisyah Sisylia.

Dalam kunjungannya ini, terlihat beberapa produk hasil olahan dari bunga Telang karya Kelompok Wanita Tani (KWT) Pesisir Indah, Desa Kebintik, seperti agar-agar kering, keripik daun Telang serta keripik bunga Telang.

Eva Algafry mengatakan kunjungan ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan serta semangat agar produk-produk ini bisa terus dikembangkan. Menurutnya, produk dari bunga Telang ini mempunyai potensi yang luar biasa.

“Dari satu bahan dikembangkan menjadi beberapa produk. Ini menunjukkan adanya inisiatif dan kreativitas dati TP-PKK Desa Kebintik serta KWT Pesisir Indah untuk meningkatkan pendapatan keluarga serta pemanfaatan halaman rumah atau sekitar,” kata Eva sambil mencoba beberapa produk olahan bunga Telang.

Tidak hanya PKK, Eva menyebutkan dinas-dinas terkait seperti Dinas Pangan dan Disperindagkop-UKM, turut digandeng untuk membantu mengembangkan produk-produk ini, salah satunya dalam hal perizinan.

“Selain itu, kita juga bekerja sama dengan para pendamping di desa, seperti para penyuluh pertanian atau pangan beserta TP-PKK di desa,” lanjutnya.

Eva juga mengutarakan visi kedepannya untuk mendukung produk dalam negeri terutama produk lokal, yakni produk-produk hasil UMKM Bateng.

“Kedepannya, produk-produk UMKM ini kita eksiskan, kita munculkan. Misalnya saja minuman, ketika lebaran, produk UMKM ini kita munculkan, di meja tamu Bupati Bateng misalnya. Ke depan produk UMKM Bateng juga akan disediakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KWT Pesisir Indah Desa Kebintik, Suliswati menjelaskan selain mengolah bunga Telang menjadi produk seperti agar-agar, keripik serta minuman, KWT Pesisir Indah bersama PKK juga mengolahnya menjadi jajanan kue, salah satunya adalah lapis legit bunga Telang.

“Saat ini ada beberapa produk hasil olahan dari bunga Telang yakni agar-agar kering, keripik daun Telang, keripik bunga Telang, hingga lapis legit bunga Telang. Kami juga saat ini mengembangkan produk yang bisa untuk jangka panjang dan lebih tahan lama, yakni minuman sari bunga Telang,” jelasnya.

Suliswati juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua TP-PKK Kabupten Bateng serta beberapa masukkan yang diberikan. Diungkapkannya, dari masukan yang diberikan, Suliswati berkeinginan untuk membuat produk yang dibuat oleh KWT Pesisir Indah ini menjadi lebih menarik dari sisi kemasan maupun kualitasnya.

“Selain menarik dari sisi kemasan, diharapkan dinas-dinas terkait, seperti Disperindagkop-UKM dan Dinas Kesehatan, kami harapkan dapat memberikan bimbingan dan arahannya untuk lebih meningkatkan kualitas serta keamanan produk yang kami hasilkan,” ungkapnya. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J