Home Porprov 2023 Raih Juara Umum, Bangka Tengah Rajai Porprov VI Babel Tahun 2023

Raih Juara Umum, Bangka Tengah Rajai Porprov VI Babel Tahun 2023

3,650
0
SHARE
Raih Juara Umum, Bangka Tengah Rajai Porprov VI Babel Tahun 2023

BANGKA BARAT - Pesta olahraga multievent 4 tahunan terbesar tingkat Provinsi Bangka Belitung tahun 2023 telah berakhir. Kobaran semangat sportivitas dan perjuangan 1.859 atlet terbaik dari seluruh kabupaten/kota di Bangka Belitung dalam memperebutkan prestasi telah ditunaikan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Babel Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Bangka Barat.

Pemadaman Api Porprov menandakan perhelatan Porprov VI Babel 2023 resmi ditutup pada Upacara Penutupan Porprov VI Bangka Belitung 2023 di Lapangan Gelora Muntok, Bangka Barat, Kamis (31/08/2023) malam.

Kontingen Bangka Tengah menorehkan sejarah setelah untuk pertama kalinya menjadi juara umum dan menerima piala bergilir dalam kejuaraan Porprov setelah mendulang total 169 medali yang terdiri dari 71 medali emas, 51 perak, dan 47 perunggu.

Atas prestasi yang diraih oleh para atlet negeri selawang segantang ini, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh kontingen yang telah bekerja keras selama kejuaraan berlangsung.

"Saya sangat bahagia sekali bahwa teman-teman dengan begitu luar biasa mencurahkan tenaga dan pikiran untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Bangka Tengah," ujar Algafry saat ditemui terpisah di perhelatan Indonesia Awards 2023 di Jakarta, Kamis (31/08/2023) malam.

Ia yakin, semua perjuangan kontingen Bangka Tengah ini dikarenakan rasa cinta dan bangga terhadap daerahnya.

"Selama perhelatan saya hadir dan menyaksikan walaupun mereka dalam kondisi sakit, tetapi tetap berupaya untuk tampil, ini semua sangat mengharukan buat saya," ungkapnya.

Ia pun merasa bersyukur atas kemudahan yang diberikan kepada kontingen Bangka Tengah selama Porprov VI ini.

"Terima kasih para atlet, official, pelatih, Ketua KONI, Ketua Kontingen beserta jajaran dan seluruh masyarakat Bangka Tengah," ucap Algafry.

Sementara itu, Ketua Kontingen Bangka Tengah, Muhammad Husaini mengucapkan syukur atas raihan emas yang melampaui target yang diberikan.

"Alhamdulillah, dari 64 medali emas yang kita targetkan, kita meraih 71 medali emas. Ini merupakan kemenangan yang sangat luar biasa bagi Bangka Tengah," ujarnya.

Dikatakannya, prestasi ini tidak terjadi secara spontan saja, tetapi persiapan yang matang menjadi salah satu faktor keberhasilan.

"Persiapan tim kita sudah dimulai tahun lalu. Sejak awal kami semua memantapkan mental untuk yakin merebut juara umum dan alhamdulillah kita benar-benar juara," ungkap Husaini.

Upacara penutupan ini turut dihadiri oleh Pittor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mewakili Bupati Bangka Tengah didampingi oleh Ketua Kontingen Bangka Tengah, Kepala Disbudparpora dan Kepala Dinkes Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Daerah/perwakilan dan Forkopimda dari 7 Kabupaten/Kota se-Babel, Kepala OPD/perwakilan dari kabupaten/kota, KONI Babel, KONI Kabupaten/Kota se-Babel, dan pelaku olahraga se-Babel.

Acara yang dipadati oleh masyarakat ini juga dimeriahkan oleh penampilan Band Wali, Yandri KDI, Cinta Lida, serta penampilan tari kreasi dan marching band.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Dodi Firmansyah