Home Berita Instansi dan Kementerian Raih Rekor Populasi Sapi Terbanyak se-Babel, Bateng Siap Menuju Swasembada Sapi

Raih Rekor Populasi Sapi Terbanyak se-Babel, Bateng Siap Menuju Swasembada Sapi

1,462
1
SHARE
Raih Rekor Populasi Sapi Terbanyak se-Babel, Bateng Siap Menuju Swasembada Sapi

Namang - Rabu (19/01/2022), bertempat di Desa Cambai, Kecamatan Namang, Serah Terima Bantuan Ternak Sapi Program Ruminansia Potong (Rumpot) Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2021 diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, kepada Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman.

Selanjutnya, bantuan ternak sapi sebanyak 20 ekor sapi Bali Betina ini diserahkan oleh Bupati Bangka Tengah kepada Kelompok Tani (Poktan) Sinar Cambai, Desa Cambai. Hal ini bertujuan untuk membantu peternak serta mewujudkan swasembada daging sapi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah.

Erzaldi berharap kedepannya populasi sapi di Provinsi Bangka Belitung terus meningkat. Ia meyakini dengan perhatian khusus dan lebih kepada para peternak sapi akan membuat peternak sapi di Bangka Belitung lebih berdaya.

Ia juga mengatakan untuk mewujudkan swasembada daging sapi di Babel, diperlukan pendekatan yang efektif kepada para peternak dengan mulai mengadaptasi dan penerapan teknologi peternakan, perbaikan manajemen ternak agar dapat meningkatkan populasi, dan lebih bersemangat dalam mengembangbiakkan sapi.

“Teknologi digunakan, manajemen diperbaiki, semangat terus diberikan, Insya Allah swasembada daging sapi untuk Provinsi Bangka Belitung bisa kita raih,” jelas Erzaldi.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah mengatakan bahwa pihaknya terus mengupayakan peningkatan populasi ternak, seperti pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian telah melakukan pengadaan ternak Sapi Bali sebanyak 48 ekor.

"Antusiasme masyarakat yang telah menyadari aspek ekonomi dari ternak sapi cukup tinggi. Buktinya pengadaan tersebut belum memenuhi daftar tunggu pemelihara sapi kelompok tani di Bateng," ungkapnya.

Menurutnya, dengan 20 bantuan sapi dari kementerian ini akan terus memicu semangat para peternak sapi yang ada di Bangka Tengah. Selain itu juga, kedepannya ini bisa menjadi bagian swasembada daging bagi masyarakat dan populasi sapi akan terus meningkat di Bangka Tengah.

“Saya yakin teman-teman semuanya di Bangka Tengah, optimis bahwa beternak sapi ini akan menumbuhkan perekonomian,” harap Algafry.

Berdasarkan Data Statistik Peternakan Tahun 2021, populasi sapi di Bangka Tengah mencapai 6.330 ekor. Hal ini menjadikan Bangka Tengah sebagai Kabupaten dengan jumlah sapi potong terbanyak se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan menyumbang 35% dari total populasi.

Kegiatan serah terima bantuan ternak sapi ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Bappelitbangda Bangka Tengah, Camat Namang, Kades Cambai juga Ketua serta anggota Poktan Sinar Cambai.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi Januardi

Fotografer: Yudi Haryanto Pradana

Editor: Kumala Sari Dewi