Home Berita Terkini Rakor Bantuan Peralatan DAK Revitalisasi Tahun 2021, Herry Erfian: Terapkan Good Manufacturing Practice, Omset Meningkat

Rakor Bantuan Peralatan DAK Revitalisasi Tahun 2021, Herry Erfian: Terapkan Good Manufacturing Practice, Omset Meningkat

132
0
SHARE
Rakor Bantuan Peralatan DAK Revitalisasi Tahun 2021, Herry Erfian: Terapkan Good Manufacturing Practice, Omset Meningkat

Pangkalan Baru - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar Rapat Koordinasi terkait Bantuan Peralatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Revitalisasi Tahun 2021 di Hotel Osela Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (15/10/2021).

Membuka kegiatan ini Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T., dalam sambutannya mengatakan bahwa rapat koordinasi ini terkait bantuan peralatan DAK Revitalisasi tahun 2021 sebagai Strategi dalam Peningkatan Mutu dan Keamanan Produk Olahan Hasil Laut di Kabupaten Bangka Tengah.

“Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Revitalisasi Sentra berupa bantuan peralatan yang diperuntukan untuk semua anggota sentra baik sentra getas maupun sentra kemplang yang ada di Desa Kurau dan Kurau Barat Kecamatan Koba,” jelasnya.

“Bantuan ini diberikan untuk menunjang proses produksi dengan harapan bisa memulihkan kapasitas produksi melalui kualitas produk yang dihasilkan, karena saat ini persaingan industri pangan dan kesadaran masyarakat akan keamanan pangan yang semakin tinggi. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem manajemen mutu yang tepat melalui penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) sehingga omset penjualan bertambah dan semakin meningkat,” lanjut Herry Erfian.

Lebih lanjut, Ia mengucapkan terima kasih kepada BPOM Pangkalpinang yang telah membantu mengawasi khususnya kepada kualitas produk sehingga akan menghasilkan produk makanan yang aman, bermutu dan layak dikonsumsi.

”Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan memberikan bantuan dan perhatian khusus kepada pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Karena kita ketahui bersama bahwa pada saat negara kita mengalami krisis tapi pelaku UMKM tetap hidup dan tetap bisa melanjutkan kegiatan usahanya berkat semangat dan inovasi serta memanfaatkan keunggulan teknologi digital dalam memasarkan produk-produknya,” terang Herry Erfian.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Bangka Tengah mengharapkan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan bersama dan dapat memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam kesempatan yang sama Elly Irsyah, SH., M.H., selaku Plt Kepala Disperindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah mengatakan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi dan penjelasan kepada para penerima bantuan peralatan terkait teknis serta setelah peralatan diterima dan penerapan Good Manufacturing Practice (GMP).

“Rapat Koordinasi terkait bantuan peralatan DAK Revitalisasi tahun 2021 ini diikuti oleh 51 orang terdiri dari Sentra Getas “Kawan Hekule” Desa Kurau Barat sebanyak 36 orang, dan Sentra Kemplang “Besampan” Desa Kurau sebanyak 15 orang. Narasumber yang berkompeten dari BPOM Pangkalpinang sebanyak 3 orang untuk meningkatkan mutu dan keamanan produk sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk pangan yang kita produksi dan usaha yang dijalankan berkembang semakin pesat,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Plt. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi-UKM Kabupaten Bangka Tengah beserta jajarannya, narasumber dari BPOM Pangkalpinang sebanyak 3 orang, yakni Andhika Achmad Sugiarto, S.Farm.,Apt (Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi), Ronny Adha Wicaksono, S.Farm.,Apt (Koordinator Kelompok Substansi Pemeriksaan), Puspa Sari Paniti Ratri, S.Farm., Apt (PFM Muda Infokom), para peserta 51 orang dari Sentra Getas “Kawan Hekule” Desa Kurau Barat dan Sentra Kemplang “Besampan” Desa Kurau Kecamatan Koba.* (YHP/WEE/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah