Home Berita Terkini Rakor Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun (PKSP) Kabupaten Bangka Tengah, Algafry: Penuhi Persyaratan untuk Capai Target

Rakor Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun (PKSP) Kabupaten Bangka Tengah, Algafry: Penuhi Persyaratan untuk Capai Target

372
0
SHARE
Rakor Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun (PKSP) Kabupaten Bangka Tengah, Algafry: Penuhi Persyaratan untuk Capai Target

Koba - Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah gelar Rapat Koordinasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun (PKSP) Tahun 2021 dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit dan meningkatkan produktivitas kepala sawit dengan program ini. Rapat yang dihadiri Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., ini bertempat di Gedung Serba Guna Balai Benih Ikan, Komplek Perkantoran Pemkab Bangka Tengah, Senin (28/06/2021).

Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, S.E., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan peremajaan perkebunan kelapa sawit untuk mencapai peningkatan produksi, produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan perkebunan kelapa sawit.

“Selain itu juga kelembagaan pekebun dan kelembagaan masyarakat desa harus ditingkatkan untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan pelaksanaan kegiatan, sehingga pelaksanaannya tepat sasaran, tepat teknis, tepat biaya dan tepat waktu," jelas Kadis Pertanian tersebut.

Sajidin juga berharap dengan adanya peningkatan produksi kelapa sawit ini diharapkan dapat menjadi andalan sub sektor perkebunan dan diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian di daerah.

Bupati Bangka Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Bangka Tengah sudah bertemu dengan beberapa kades/lurah yang wilayahnya terdapat lahan yang bisa dilakukan peremajaan sawit untuk menghimbau dilengkapinya persyaratan peremajaan.

“Maka hari ini kita sampaikan sekali lagi, penuhi persyaratan-persyaratan diminta supaya memudahkan proses ini. Ada 2 kelompok yang sudah hampir terpenuhi persyaratannya kurang lebih 149 Hektar, yang akan segera kita realisasikan pengajuannya. Untuk masyarakat lainnya segera mengajukan replanting sawit ini. Saya pikir ini akan menjadi luar biasa, dimana 1 hektar kebun dibantu biaya senilai 30 Juta Rupiah untuk bisa remajakan sawit. Sawit yang umurnya 25 tahun ke atas dan tidak produktif lagi diganti dengan yang baru,” jelas Algafry.  

Disebutkan Algafry, Pemkab Bangka Tengah menargetkan 500 Hektar dan sudah terpenuhi 200 hektar. Ia berharap bisa melampui 500 Hektar, agar bisa memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memenuhi persyaratan ini.

Turut hadir dalam acara, Plt. Sekretaris Dinas Pertanian Bangka Tengah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Camat Koba, Camat Namang, Lurah Koba, Lurah Padang Mulia, Lurah Simpang Katis, Kades Cambai, Kades Jelutung, Koodinator BPP Kecamatan Koba, Koodinator BPP Kecamatan Lubuk Besar, perwakilan PPL se-Bangka Tengah, Gapoktan Desa Melabun, Gapoktan Sungkap, Gapoktan Arung Dalam juga Pengurus Perkumpulan Kelompok Tani Desa Sungaiselan.* (QRY/APJ/Foto:RDO)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah