Home Berita Terkini Rakornas Aspeksindo, Bupati Bangka Tengah Siap Kuatkan Potensi Kelautan

Rakornas Aspeksindo, Bupati Bangka Tengah Siap Kuatkan Potensi Kelautan

1,862
0
SHARE
Rakornas Aspeksindo, Bupati Bangka Tengah Siap Kuatkan Potensi Kelautan

Jakarta - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST., menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dari Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) guna pembahasan penentuan waktu dan tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) II. Rakornas Aspeksindo ini dilaksanakan di Hotel Century Park Jakarta dan digelar selama dua hari dari 31 Maret hingga 1 April 2021. Selain Rakornas, para peserta yang merupakan bupati/walikota daerah kepulauan dan pesisir se-Indonesia ini akan mengikuti pelatihan Budidaya Ikan Sistem Teknologi Aquoponic di Cisarua.

Pembukaan Rakornas dimulai dengan  sosialisasi dan pembahasan penentuan waktu dan tuan rumah Munas II Aspeksindo. Pembahasan ini dipandu langsung oleh Dewan Pakar, Dewan Pembina, dan Staf Pakar Aspeksindo.

"Alhamdulillah kita berkumpul di sini bersama kabupaten dan kota pesisir seluruh Indonesia, untuk bisa mendapatkan perhatian pemerintah pusat akan kebijakan-kebijakan terkait kelautan. Kami sebagai daerah pesisir yang concern tentang kelautan akan berupaya membangun daerah dengan potensi-potensi yang ada. Terima kasih Aspeksindo, semoga bisa membawa perubahan semakin baik khususnya di Bangka Tengah," ujar Bupati Bangka menanggapi giat Rakornas disela acara.

"Harapannya Aspeksindo membawa perubahan dan kemajuan daerah kelautan dan pesisir di Indonesia. Untuk Bangka Tengah, Bupati kita termasuk pengurus Aspeksindo, semoga bisa membawa kemajuan dan perubahan yang lebih baik lagi di Bangka Tengah," sambung Taufik, SP., MM., selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah yang ikut berpartisipasi pada Rakor ini.

Sementara itu, Rakornas sesi I membahas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021 tentang Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan, Perjuangan untuk Kesejahteraan Masyarakat Kepulauan dan Pesisir. Sesi I ini menghadirkan narasumber nasional diantaranya Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta H. Abdul Ghafur Mas'ud selaku Ketua Umum Aspeksindo.

Untuk Sesi II, Rakor ini membahas Kemanan Laut untuk Kedaulatan Wilayah Perbatasan. Narasumber yang dihadirkan yakni Wantimpres Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya, Kepala Staf TNI AL Laksmana TNI Yudo Margono, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, dan Ketua Dewan Pakar Aspeksindo Rokhim Dahuri.

Untuk hari kedua esok, Kamis (01/04/2021), seluruh peserta akan diarahkan ke Cisarua untuk pelatihan Budidaya Ikan Sistem Teknologi Aquoponic dengan fasilitator PT. Elon Agro Lestari.

Hadir mendampingi Bupati Bangka Tengah dalam rangkaian rakornas ini Kepala Dinas Perikanan, Taufik, SP., MM., Kepala Bapelitbangda, drg. Muhammad Anas Ma'ruf, dan Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemberdayaan Pembudidayaan Ikan, Chazwir Chadir, S.Pi.* (APJ/WEE/Foto: APJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah