Home Berita Terkini Rapat Konsultasi TP-PKK Provinsi bersama TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Bangka Belitung

Rapat Konsultasi TP-PKK Provinsi bersama TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Bangka Belitung

634
0
SHARE
Rapat Konsultasi TP-PKK Provinsi bersama TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Bangka Belitung

Koba - Bertemakan “Melalui Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kita Tingkatkan Inovasi dan Implementasi Karya Kader, Menuju Keluarga Tangguh, Sejahtera dan Mandiri”, acara pembukaan Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020 digelar di Gedung Serba Guna Kabupaten Bangka Tengah pada Selasa (21/01/2020) pagi. Acara ini akan dilaksanakan selama 2 hari mulai 21 hingga 22 Januari 2020.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah, Ibu Hj. Iriani Melita Ibnu Saleh dalam sambutannya mengatakan PKK adalah gerakan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya. Gerakan ini bertujuan membentuk keluarga bahagia, sejahtera, maju dan mandiri. Tim Pengerak PKK berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali gerakan PKK dan menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan.

Sehubungan dengan itu, Iriani menjelaskan bahwa organisasi ini berperan sebagai unsur terdepan yang akan menggalang peran serta masyarakat melalui 10 Program Pokok PKK sekaligus memberikan pelayanan maksimal di masyarakat, hingga perlu adanya rapat koordinasi dan konsultasi yang menyeluruh.

"Untuk mengimplementasikan 10 Program Pokok PKK, perlu adanya rapat koordinasi dan konsultasi secara berjenjang baik antara TP-PKK Provinsi, TP-PKK Kabupaten, TP-PKK Kecamatan hingga TP-PKK Desa/Kelurahan. Tujuan rapat konsultasi ini untuk menyelaraskan dan merumuskan perencanaan program PKK yang lebih partisipatif, inovatif dan lebih banyak lagi memberikan kontribusi terhadap masyarakat. Oleh sebab itu mari kita bersama-sama, di dalam seluruh jajaran pengurus TP-PKK berdiskusi dan mengkonsultasikannya pada forum ini," kata Iriani.

Rapat konsultasi ini juga menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi antar kader sekaligus momentum untuk menyusun program kerja TP-PKK se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020 agar terarah dan terkoordinasi dengan baik. Melalui acara ini, rencana program kerja TP-PKK tahun 2020 akan lebih dimantapkan dan diselaraskan dengan kondisi dan aspirasi wilayah masing-masing. Ke depannya, 10 Program Pokok PKK dapat terlaksana secara merata, maksimal dan dapat  dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs. Sugianto, M.Si., dalam sambutannya mengatakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga.

"PKK sebagai langkah awal membantu pemerintah memajukan keberhasilan pembangunan yang bertujuan melaksanakan koordinasi dan menyinergikan program-program OPD yang bermitra dengan TP-PKK. Dengan demikian pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dapat berjalan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Sugianto.

Lebih lanjut Sugianto menuturkan, Rapat Konsultasi (Rakon) ini sebagai evaluasi pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di tahun 2019 lalu sehingga bisa terhimpun saran dan masukan untuk pelaksanaan Program Kerja TP-PKK tahun depan, juga menciptakan kesamaan pemahaman dan memperkuat jalinan kemitraan TP-PKK se-Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung.

Ia melanjutkan, melalui agenda tahunan rutin TP-PKK yang dilakukan secara berjenjang mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten ini merupakan awal yang baik untuk mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang maju dan sejahtera.

"Semoga dapat memberikan kesan yang baik bagi seluruh peserta dan saya berharap ibu-ibu dapat mengikuti rakon ini dengan sebaik-baiknya hingga selesai agar Ibu-ibu semua bisa menjadi suri tauladan dan menjadi kader-kader yang inovatif, kreatif dan mandiri,” tutupnya selaku tuan rumah acara.

Acara akbar ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung, Wakil Ketua TP-PKK Babel, perwakilan TP-PKK tingkat provinsi, perwakilan seluruh TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Bangka Belitung. Hadir pula Lurah, Kades, Camat atau perwakilannya se- Kabupaten Bangka Tengah. *(RIS-RIN/WEE-APJ/Foto:RIN)

   

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah