Home Berita Terkini Rapat Monitoring dan Evaluasi Program GKPD, PJAS, dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tahun 2020

Rapat Monitoring dan Evaluasi Program GKPD, PJAS, dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tahun 2020

139
1
SHARE
Rapat Monitoring dan Evaluasi Program GKPD, PJAS, dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tahun 2020

Pangkalan Baru - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kantor Pangkalpinang gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Program GKPD (Gerakan Keamanan Pangan Desa),  Keamanan Pangan Jajanan Aman Sekolah (PJAS) dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tahun 2020 di Hotel Santika, Pangkalan Baru, Rabu (02/12/2020).

Membuka acara, Plt. Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin, SE., MM., menyampaikan rasa bangganya atas kemajuan keamanan pangan di Bangka Tengah sebagai hasil kerja sama yang baik antara BPOM dan Pemkab Bangka Tengah selama ini.

"Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat bangga dengan terbentuknya Desa Pangan Aman, yakni  di Desa Belilik, Desa Kurau Barat dan Kelurahan Dul. Pasar Koba dinyatakan sebagai Pasar Aman dari Bahan Berbahaya, juga adanya sekolah yang telah mendapatkan sertifikat PJAS Aman level 1," ujarnya.

Yuliyanto juga menyampaikan terima kasihnya kepada BPOM Kantor Pangkalpinang yang sepanjang tahun 2020 telah memberikan pengetahuan tentang keamanan pangan serta mendampingi desa, sekolah, dan pasar di Bangka Tengah untuk bebas dari bahan berbahaya.

“Saya berharap kita semua bekerja sama mendukung keberlangsungan dan keberlanjutan program BPOM ini agar masyarakat Kabupaten Bangka Tengah terbebas dari pangan yang tidak aman dan berisiko terhadap kesehatan,” tutupnya.

Kepala BPOM Kantor Pangkalpinang, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM, dalam sambutannya menyatakan tujuan gerakan keamanan pangan ini agar komunitas desa, komunitas sekolah dan komunitas pasar berdaya dan berpartisipasi secara mandiri untuk melakukan pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di tempat masing-masing.

“Dengan terselenggaranya program keamanan pangan desa (GKPD), PJAS dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Kabupaten Bangka Tengah, maka hari ini akan disampaikan hasil pelaksanaannya dan capaiannya. Kemudian akan didiskusikan kegiatan lanjutan yang akan dilaksanakan secara mandiri di tahun 2021 oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Kami berharap akan dapat dilakukan replikasi dan dukungan dari pimpinan daerah dan bapak-ibu semua,” harap Hermanto.

Dalam acara ini disampaikan juga penghargaan untuk Desa/Kelurahan, pasar dan sekolah wilayah Bangka Tengah dan Pangkalpinang yang berhasil menerapkan keamanan pangan di komunitasnya, yakni Desa Kurau Barat, Desa Belilik, Kelurahan Dul, UPT. Pasar Koba, SMA Negeri 1 Pangkalan Baru, SD Negeri 12 Pangkalpinang, SD Theresia 1 Pangkalpinang, SMP Negeri 1 Pangkalpinang, Mts Negeri 2 Pangkalpinang.

Hadir sebagai peserta rapat yakni Kepala OPD se-Bangka Tengah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, perwakilan Kemenag Bangka Tengah, Kepala Puskesmas dan Sanitarian Koba, Namang, dan Pangkalan Baru.* (APJ/WEE/Foto:APJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah