Home Daerah Ratusan Anak Meriahkan Peringatan Puncak Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bangka Tengah 2023

Ratusan Anak Meriahkan Peringatan Puncak Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bangka Tengah 2023

384
0
SHARE
Ratusan Anak Meriahkan Peringatan Puncak Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bangka Tengah 2023

NAMANG – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kembali menggelar Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Tahun 2023. Peringatan kali ini diprakarsai oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah dan digelar di Lapangan Bola Desa Namang, Kamis (26/10/2023).

Mengusung tema Anak Terlindungi Indonesia Maju, kegiatan ini mengisyaratkan upaya Pemkab Bangka Tengah untuk mewujudkan lingkungan yang aman untuk anak.

Beberapa kegiatan tampak menghiasi peringatan HAN Tingkat Kabupaten Bangka Tengah kali ini. Salah satu yang menarik perhatian yakni Lomba Bongkar Pasang (menyerupai Lego) yang diikuti 300 anak TK/PAUD se-Kabupaten Bangka Tengah. Anak-anak dengan asyik berkreasi membentuk berbagai hal unik sesuai imajinasi masing-masing, seperti bentuk bangunan, hewan, robot, dan sebagainya.

Tak hanya itu, penampilan anak TK/PAUD, SD, hingga SMP pun turut memeriahkan peringatan HAN ini. Anak-anak dengan berani dan ceria menampilkan tari kreasi, paduan suara, pembacaan surah pendek Alquran, dan karate.

Selain itu, terdapat pemberian suvenir kepada siswa-siswi berprestasi tingkat SD, SMP, SMA se-Kabupaten Bangka Tengah, juga TK/PAUD yang terakreditasi A.

Bunda PAUD Bangka Tengah, Eva Algafry menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah atas terselenggaranya kegiatan yang mempunyai banyak makna baik ini.

“Kegiatan seperti ini perlu kita semarakkan karena anak-anak perlu wadah atau media yang banyak untuk menyalurkan kreatifitasnya. Seperti yang kita lihat tadi, ternyata anak-anak Bangka Tengah hebat dan punya potensi yang luar biasa,” tutur Eva.

Ia juga menyampaikan bahwa diadakannya Lomba Bongkar Pasang (Lego) tentu juga memberikan manfaat pada aspek sensorik dan motorik dalam tumbuh kembang anak-anak.

Ia berharap kedepannya intensitas kegiatan menarik untuk anak-anak akan lebih sering dilaksanakan guna memberikan wadah kepada anak-anak untuk mengekspresikan diri.

“Tentu kegiatan seperti ini harus kita lanjutkan bukan hanya satu tahun sekali tapi bisa secara rutin dilakukan di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten. Intinya saya berharap bahwa anak-anak Bateng itu dalam keadaan bahagia, bukan hanya pada peringatan Hari Anak Nasional tetapi biasa merasakan bahagia setiap hari di setiap tempat dimana pun mereka berada,” harap Eva yang juga berpesan agar prestasi yang diraih siswa-siswi bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi anak-anak yang lain.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terhadap anak-anak di Bangka Tengah.

“Kegiatan ini merupakan momentum tepat untuk menyiapkan anak-anak Bangka Tengah menuju generasi emas 2045,” kata Iskandar.

Iskandar juga mengingatkan pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak-anak, khususnya di era kemajuan teknologi saat ini.

“Digitalisasi dalam dunia pendidikan sudah mulai dilaksanakan, namun tentunya mempunyai dampak negatif terhadap anak. Untuk itu kita sebagai orang tua harus bisa mengontrol itu dengan baik, sehingga anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan sesuai usia mereka. Bukan hanya pemerintah daerah, seluruh elemen masyarakat wajib melindungi anak-anak sehingga mereka menjadi anak cerdas, sehat, dan berakhlak mulia,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Namang, Danramil Kecamatan Namang, dan Pangkalanbaru, Kapolsek Namang, Bunda PAUD Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Deanty N

Editor: Asti P.

Fotografer: Prayogi J