Home Berita Terkini Realisasikan Live Tumbang Chipping Perdana, Herry Erfian: Bateng yang Pertama

Realisasikan Live Tumbang Chipping Perdana, Herry Erfian: Bateng yang Pertama

763
0
SHARE
Realisasikan Live Tumbang Chipping Perdana, Herry Erfian: Bateng yang Pertama

Lubuk Besar - Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, ST., terlihat menaiki excavator yang mengeksekusi tanaman sawit di kebun anggota PKSP Gapoktan Laska H. Kodri AR Desa Kulur Ilir. Ini dilakukannya saat Live Tumbang Chipping Perdana Program Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan Pekebun, Selasa (30/11/2021).

"Komoditi kelapa sawit saat ini menjadi komoditi andalan kita karena harga saat ini sudah menyentuh angka Rp 3000 lebih. Tentunya ini suatu keberkahan bagi masyarakat. Komoditas pertanian ini memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung,” ucap Erfian.

Mengucap syukur, Erfian menjelaskan jika Provinsi Bangka Belitung pertumbuhan ekonominya mencapai peringkat ke -4 besar se Indonesia. Menurutnya ini tidak terlepas dari berkah Allah SWT. Tak dipungkirinya, di satu sisi masyarakat menikmati harga timah yang sedang tinggi karena Babel penghasil timah. Namun, di sisi lain pengembangan di sektor pertanian khususnya tanaman sawit juga memberikan kontribusi yang besar bagi Provinsi Bangka Belitung termasuk di Bangka Tengah.

“Alhamdulillah kegiatan tumbang chipping perdana sudah terlaksana dengan baik. Dan di Kabupaten Bangka Tengah ini sudah terealisasi. Hal ini tentu memberikan manfaat yang luar biasa bagi para petani kita. Untuk itu, manfaatkan kesempatan ini karena tidak membebani APBD maupun APBN. Terlaksananya tumbang chipping ini, berasal dari iuran Persatuan Pekebun Kelapa Sawit di seluruh Indonesia," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menurut Erfian merasa beruntung karena program ini tidak membebani APBD maupun APBN tetapi menambah kesejahteraan bagi para petani di Bangka Tengah khususnya. Sumber dana yang dikumpulkan oleh Asosiasi Petani Sawit seluruh Indonesia akan disebarkan ke seluruh kabupaten yang ada di seluruh Indonesia.

“Bangka Tengah termasuk kabupaten yang pertama yang bisa merealisasi kegiatan ini dan tentu ini akan menambah manfaat yang luar biasa bagi para petani di Kabupaten Bangka Tengah. Tidak sedikit dana yang diberikan kepada Kabupaten Bangka Tengah. Sementara ini, kita (Bateng-red) mendapatkan dua bantuan, hampir 2 milyar lebih untuk masing-masing kelompok," ungkapnya yang mengharapkan kesejahteraan petani melalui bantuan ini.

Selain itu Herry Erfian juga berharap kepada para petani untuk tetap tidak meninggalkan komoditi-komoditi lainnya.

"Bangka Belitung dikenal dengan whitepaper-nya yaitu lada putihnya dan ini sudah mendunia. Sesuai dengan rencana Gubernur Babel, kita juga ikut merevitalisikan tanaman lada. Jangan kita tinggalkan karena bagaimanapun juga sejak dahulu membawa kejayaan bagi Provinsi Bangka Belitung,” pesan Erfian kepada para petani untuk tetap menanam lada agar tetap bisa bersinergi bagi kemajuan pertanian di Bangka Belitung.

Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, S.E., M.M., mendampingi Wakil Bupati Bangka Tengah menjelaskan jika kegiatan ini adalah salah satu usaha Dinas Pertanian baik dari kabupaten maupun provinsi yang sudah dilakukan. Tumbang chipping ini menurutnya sangat membantu para petani untuk meremajakan sawit-sawit yang tidak berproduksi lagi, yang potensi nya masih luar biasa.

“Selama proses peremajaan sawit, sambil menunggu sawitnya berbuah, kami menganjurkan kepada para petani untuk menanam tanaman di sela-sela sawit. Bisa berupa tanaman jagung, porang dan banyak lagi,” tutur Sajidin.

“Total peremajaan di Bangka Tengah saat ini sudah terealisasi seluas 149 hektar dan nanti akan menyusul di Desa Jelutung dan Desa Sungkap kurang lebih seluas 98 hektar lagi. Jika diuangkan tahun ini hampir 7,5 milyar. Alhamdulillah tidak membebani APBD maupun APBN," sambungnya.

Turut hadir Kepala Badan Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah Xll Pangkalpinang, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel, para Kepala OPD Bangka Tengah, Gapoktan Laska, Direktris CV Bangun Jaya, Pincapem Bank BRI KCP Koba, Camat Lubuk Besar, Lurah se-Kecamatan Lubuk Besar, para Kades se Kecamaan Lubuk Besar, dan para tamu undangan lainnya.* (DDY/WEE/Foto:RDO)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah