Home Daerah Refleksi Akhir Tahun Bersama Bupati Bangka Tengah, Sebut 3 Sektor Prioritas Pembangunan!

Refleksi Akhir Tahun Bersama Bupati Bangka Tengah, Sebut 3 Sektor Prioritas Pembangunan!

187
0
SHARE
Refleksi Akhir Tahun Bersama Bupati Bangka Tengah, Sebut 3 Sektor Prioritas Pembangunan!

KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman hadir dan menjadi narasumber dalam acara live talkshow Dialog Interaktif Membangun Bangka Tengah Makin Unggul dengan judul Refleksi Akhir Tahun 2022 Bersama Bupati Bangka Tengah yang diadakan oleh Media Bangka Pos di Muara Sungai Desa Kurau, Kecamatan Koba, Senin (05/12/2022).

Acara yang ditayangkan secara langsung di media sosial Bangka Pos ini, dipandu oleh Ibnu Taufik Juarianto selaku Pemimpin Redaksi Media Bangka Pos. Acara talkshow ini juga mengundang para masyarakat khususnya nelayan yang berada di Desa Kurau untuk berpartisipasi dalam dialog dan menyampaikan aspirasinya.

Dalam talkshow tersebut, Algafry menanggapi pertanyaan dari Taufik selaku pemandu acara tentang apa saja yang menjadi prioritas dalam pembangunan di Kabupaten Bangka Tengah.

"Ada tiga sektor unggulan yang kami prioritaskan dalam pembangunan di Bangka Tengah ini. Yang pertama adalah pertanian dan perkebunan, yang kedua itu perikanan, dan yang ketiga UMKM. Tiga sektor inilah yang akan terus saya dorong untuk pembangunan di Bangka Tengah ini," ujar Algafry.

Ia juga menyampaikan bahwa sektor perikanan sudah mulai menunjukkan peningkatan dengan program-program yang telah dijalankan dalam satu tahun terakhir ini.

"Kami juga sudah mengkaji secara akademisi bersama dengan pihak universitas bahwa Nilai Tukar Nelayan (NTN) di Desa Kurau mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya," ungkapnya.

Ini artinya, dikatakan Algafry jika kemampuan belanja dari para nelayan berdasarkan NTN tadi meningkat.

“Hal ini sebagai indikasi bahwa ada peningkatan ekonomi bagi nelayan di Desa Kurau ini," lanjutnya.

Dalam acara ini, Algafry juga mengkampanyekan Gemarikan kepada masyarakat betapa pentingnya kandungan yang ada dalam olahan ikan untuk kesehatan dan kecerdasan khususnya bagi anak-anak.

"Kita memiliki 13 lokasi fokus (lokus) stunting yang tersebar di Bangka Tengah. Ini juga menjadi prioritas kita untuk menyampaikan kepada Bapak/Ibu terutama anak-anak untuk gemar makan ikan sebagai penunjang kesehatan anak-anak kita agar terhindar dari stunting," ucap Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini.

Disela acara, Algafry bersama dengan Dinas Perikanan memberikan bantuan kepada nelayan Desa Kurau dan diserahkan secara simbolis dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke-9 yang jatuh pada tanggal 21 November yang lalu.

Imam Soehadi selaku Plt. Kepala Dinas Perikanan memaparkan beberapa bantuan yang diterima oleh nelayan Desa Kurau.

"Alhamdulillah kita dari Pemkab Bangka Tengah memberikan beberapa bantuan untuk para nelayan di Desa Kurau antara lain kapal perikanan, alat tangkap, kemudian bantuan radio komunikasi, dan juga ada penyerahan asuransi untuk nelayan," jelasnya.

Imam juga mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Bateng kepada para nelayan dan berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Dengan bantuan yang sudah diberikan Pak Bupati tadi, sebagai bentuk dukungan dari pemerintah. Kami berharap bantuan tersebut dapat dipergunakan dan dikelola semaksimal mungkin agar dapat meningkatkan produksi ikan tangkap nelayan," harap Imam.

Selain itu, dilakukan juga launching produk olahan ikan yaitu Lempah Kuning Ikan dalam Kaleng yang merupakan inovasi baru dalam produk kuliner khas Bangka dan siap dipasarkan secara luas.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi Januardi