Home Berita Instansi dan Kementerian Resmi Dibuka, Eva Algafry Harapkan Tenun Cual ATBM Galeri Destiani Buka Lowongan Kerja Bagi Masyarakat Bateng

Resmi Dibuka, Eva Algafry Harapkan Tenun Cual ATBM Galeri Destiani Buka Lowongan Kerja Bagi Masyarakat Bateng

172
0
SHARE
Resmi Dibuka, Eva Algafry Harapkan Tenun Cual ATBM Galeri Destiani Buka Lowongan Kerja Bagi Masyarakat Bateng

Pangkalan Baru - Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry hadir dalam peresmian produksi Tenun Cual Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) Galeri Destiani di Rumah Produksi Tenun Galeri Destiani, Kelurahan Dul, Rabu ( 06/10/2021).

Ketua Deskranasda Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry saat ditemui menyampaikan ucapan selamat atas diresmikannya rumah produksi cual ATBM Galeri Destiani.

"Selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Tengah mengucapkan selamat kepada Ibu Nina dan suami sebagai pemilik Galeri  Destiani atas diresmikannya rumah produksi tenun cual ATBM ini," ucapnya.

Eva juga mengatakan dengan adanya rumah produksi tenun di Kabupaten Bangka Tengah merupakan kabar baik untuk Kabupaten Bangka Tengah karena bisa memberdayakan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka Tengah khususnya masyarakat di Kelurahan Dul untuk membantu produksi di Galeri Destiani.

"Kita akan terus memberikan dukungan dan kita juga menyambut baik dengan adanya rumah produksi ini. Nantinya kita juga akan melakukan pembinaan seperti pelatihan-pelatihan kepada masyarakat Bangka Tengah untuk produksinya agar bisa membuat tenun seperti ini. Akan juga kita arahkan ke hotel-hotel untuk bisa digunakan atau bisa juga membuat galeri di Kabupaten Bangka Tengah," ucapnya.

Peresmian rumah produksi ini ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati ,SH., dan penyerahan cinderamata dari pemilik Galeri destiani, Nina Sarjulianto berupa hasil tenun pertama Cual ATBM Galeri Destiani kepada ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya menyambut baik dan senang dengan diresmikannya rumah produksi tenun cual  ATBM karena salah satu bentuk proses agar bisa membuat cual produksi Bangka Belitung secara massal. Tersedianya 20 mesin cual ATBM ini membuktikan bahwa Galeri Destiani akan memproduksi Cual dengan jumlah yang cukup besar setiap harinya.

"Untuk produksi pasar Cual di pasar dunia cukup besar. Saat ini memang ada kelesuan akan tetapi UMKM tidak boleh berdiam saja, karena banyak cara untuk mempromosikannya. Salah satunya dengan pameran, melalui online dan alhamdulillah kita juga mendapatkan mitra yang luar biasa salah satunya seperti Bank Indonesia yang mewadahi pameran online kelas dunia,” ucap Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta berharap kedepannya bisa mengekspor Cual.

Ia juga menekankan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk Cual Bangka Belitung dapat terus berinovasi.

Berbagai hasil tenunan Galeri Destiani ditampilkan dalam acara peresmian ini. Tampak Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Tengah dan juga para undangan melihat proses produksi tenun kain cual di tempat tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Bank Indonesia, Bank Sumsel Babel, Bank BCA, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Perwakilan DWP/PKK se-Provinsi Bangka Belitung , Budayawan Bangka Belitung , Datuk Akhmad Elvian dan tamu undangan lainnya.*(MRT/WEE/foto: YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah