Home Berita Terkini Resmi Membuka Bimtek Perangkat Desa 2021, Plt. Bangka Tengah Singgung Penanggulangan Covid-19

Resmi Membuka Bimtek Perangkat Desa 2021, Plt. Bangka Tengah Singgung Penanggulangan Covid-19

700
0
SHARE
Resmi Membuka Bimtek Perangkat Desa 2021, Plt. Bangka Tengah Singgung Penanggulangan Covid-19

Pangkalan Baru - Plt. Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin, SE., M.M., membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa di Soll Marina Hotel, Pangkalan Baru, Rabu (06/01/2021). Acara ini digelar oleh Bina Pengembangan Potensi dan Inovasi Desa (BPPID) dari Kementerian Dalam Negeri, Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Bangka Tengah, difasilitasi oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Bangka Tengah (Dinsos-PMD).

Acara ini berlangsung selama 3 hari terhitung Rabu hingga Jumat, mengikutsertakan 161 peserta yang terdiri atas Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kaur Keuangan Desa se-Bangka Tengah dengan biaya dibebankan pada APBD OPD dan APBDes setempat tahun 2021.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Bangka Tengah, Munzilin, dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan digelarnya bimtek, yakni memacu kreativitas dan wawasan bagi aparatur pemerintahan desa di Bangka Tengah serta mampu membangun sistem pemerintahan desa yang baik dengan kualitas sumber daya aparatur yang kompeten.

“Besar harapan kami semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat diikuti dengan seksama oleh para peserta. Selain itu, dikarenakan pandemi Covid-19, para peserta diharap untuk tidak bepergian yang tidak perlu ke luar hotel, kita hindari terbentuknya kluster baru,” lanjut Munzilin.

Sementara itu, Yuliyato Satin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas digelarnya kegiatan ini serta berharap agar kegiatan ini bermanfaat untuk peningkatan kualitas SDM di pemerintahan desa.

“Semoga kinerja yang maksimal dan kerjasama yang terjalin dengan baik ini, tentunya bermuara pada hasil yang baik pula, tidak hanya dirasakan bagi masyarakat desa tertentu saja akan tetapi juga untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

Yuliyanto juga menyoroti penggunaan anggaran desa dalam penanggulangan Covid-19 yang  masih menjadi pandemi hingga saat ini. Hal ini disebutnya terkait dengan program pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa yang juga menjadi bagian dalam prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021.

“Kalau bisa, setiap desa memiliki Posko Bersama Covid untuk desa. Untuk itu, pada kesempatan Bimtek ini, silakan dimusyawarahkan alokasi dana masing-masing untuk keperluan penanggulangan Covid di tempat masing-masing,” pungkas Yuliyanto.

Materi Bimtek pada hari ini menghadirkan Tim Kejari Bangka Tengah, Tim Polres Bangka Tengah, dan Tim Polres Pangkalpinang dengan tema Kajian Hukum. Dilanjutkan Materi Kebijakan Pengelolaan APBDesa Tahun 2021 oleh Sekda Bangka Tengah, serta Materi Sistem Perencanaan dan Pembangunan Desa oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Tengah.

Materi hari kedua besok, Kamis (07/01/2021), yakni Indikator Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 sesuai dengan Permendes Nomor 13 Tahun 2020 dan Mekanisme Penggunaan Dana Desa terkait Padat Karya Tunai dan Swakelola, yang menghadirkan Tim Kemendes PDT dan Transmigrasi RI. Materi Penatausahaan Keuangan dalam Pelaporan Penggunaan Dana Desa dan materi Percepatan Penyaluran Dana Desa dengan narasumber dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri RI. Selain itu peserta juga dibekali cara-cara implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) versi terbaru 2.0.3.* (APJ/WEE/Foto:MRT/PYJ)

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah