Home Berita Instansi dan Kementerian Resmikan Tambak Rakyat Batch 4 di Desa Terentang, Bupati Harapkan Keberlanjutan Budidaya Ikan

Resmikan Tambak Rakyat Batch 4 di Desa Terentang, Bupati Harapkan Keberlanjutan Budidaya Ikan

313
0
SHARE
Resmikan Tambak Rakyat Batch 4 di Desa Terentang, Bupati Harapkan Keberlanjutan Budidaya Ikan

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan, kembali melaksanakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Pembudidaya Ikan Kecil yang kali ini dilaksanakan di Pokdakan BLA Desa Terentang Ill, Kecamatan Koba, Jumat (22/12/2023).

Kegiatan ini meliputi temu teknis budidaya ikan, peresmian tambak rakyat batch 4, penyerahan simbolis bantuan sarana budidaya ikan TA 2023 untuk 15 pokdakan yang ada di Bangka Tengah, serta penyerahan secara simbolis JAMSIBUDI (Jaminan Sosial Pembudidaya Ikan).

Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah, juga turut hadir dan menyapa warga Terentang.

"Tambak udang ini untuk masyarakat agar lebih semangat berusaha, khususnya masyarakat yang berada di pesisir pantai. Ini yang ke 4 kita bangun menggunakan dana dari Pemda, sebelumnya ada di Kurau, Kurau Barat, dan Kayu Besi," ujar Bupati.

Dirinya juga bersyukur, dan berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan sebaik mungkin.

"Harapan kami, tambak rakyat ini dapat membantu masyarakat, juga sebagai percontohan untuk masyarakat yang ingin melakukan budidaya sendiri. Saya harap masyarakat dapat menjaganya. Terima kasih juga kepada Pak Kades yang telah menghimpun masyarakat," pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Bangka Tengah telah ditetapkan sebagai Kampung Perikanan Budidaya Kepiting oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KepMenKP No. 111 tahun 2023), dan akan dibangun Pilot Project Hatchery (Pembenihan) Kepiting Bakau pada tahun 2024 yang merupakan dukungan dari Dana Padanan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bersama Tim Ahli Institut Pertanian Bogor.

Di kesemptan ini diserahkan juga piagam penghargaan kepada Pokdakan Pintur Jaya Desa Kurau, atas kontribusi dan partisipasinya terhadap Pengembangan Inovasi TEMAN CHATTING (Kegiatan Alternatif Masyarakat Nelayan Melalui Crab House Apartment Kepiting) yang berhasil menjadi TOP 5 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik pada tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dishub, Camat dan Lurah Koba, Kades Terentang. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Dodi Firmansyah